IZI Riau Bantu Siswa Kurang Mampu agar Tetap Sekolah

IZI Riau Bantu Siswa Kurang Mampu agar Tetap Sekolah

Rahayu menerima bantuan masyarakat yang disalurkan oleh IZI Riau.

Senin, 16 November 2020 13:29 WIB
Redaksi

PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Berbeda dengan kondisi sebagian siswa lainnya, di masa pendemi ini, Rahayu Eriani harus merasakan beratnya biaya pendidikan bukan saja karena fasilitas untuk belajar daring, melainkan juga biaya bulanan sekolah yang menunggak hingga menumpuk. Gadis yang akrab disapa Rahayu ini duduk di bangku kelas 3 SMK Jurusan Kesehatan di Pekanbaru, Riau.

Ibunda Rahayu, Fitria Eriyanti merupakan single parent yang kesehariannya bekerja sebagai buruh cuci dan setrika pakaian dari rumah ke rumah. Untuk membantu perekonomian keluarga, Rahayu juga tidak tinggal diam, selepas pulang sekolah ia menjajakan buah-buahan dagangan milik orang lain, Rahayu merupakan anak pertama dari 3 bersudara yang saat ini adik pertamanya duduk di bangku sekolah dasar (SD).

Dalam kondisi tersebut, Jumat (12/11/20) lalu Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Riau membantu lunasi tunggakan utang di sekolah sekaligus melunasi biaya uang ujian akhir dan biaya-biaya pendidikan ke depannya. Tujuannya agar Rahayu Fokus untuk menyelesaikan pendidikannya yang tidak lama lagi selesai.

Bendahara sekolah SMK Kesehatan Pro-Skill, Endang Fitriyana mengaku sangat bersyukur dengan adanya program dari IZI Riau ini. Menurutnya, program ini bisa membantu orang-orang yang tidak mampu, apalagi yang mereka ketahui bahwa Rahayu adalah siswi yang tergolong tidak mampu, namun sangat berprestasi.

Bantuan yang diberikan IZI Riau kepada Rahayu untuk pendidikannya membuat ibunya. Fitria tampak sangat bahagia. Dia mengaku tak sanggup membayar biaya tunggakan pendidikan sang anak yang sebentar lagi mengikuti ujian akhir. ”Alhamdulillah ada donatur yang bisa membantu melunasi semua hutang anak saya di sekolah," tuturnya lirih.

Kepala Pendayagunaan IZI Riau, Abdul Ghofur melalui keterangan tertulis yang diterima potretnews.com, Senin (16/11/2020) siang bercerita, suatu ketika keluarga Rahayu mengajukan permohonan bantuan dana sebesar Rp11 juta untuk membayar tunggakan utang selama Rahayu sekolah dari kelas satu sampai sekarang kelas tiga yang belum pernah dibayar.

Karena dana yang diajukan sangat besar, IZI menginisiasi untuk melakukan galang dana online di Zakatpedia.com . Selama satu bulan melakukan penggalangan, dana yang kita butuhkan terpenuhi.

Selain itu, IZI juga melunasi utang biaya pendidikan adiknya yakni Arviani yg masih duduk di bangku SD dan memberikan bantuan modal usaha kepada sang ibu. ***

Kategori : Pekanbaru, Umum
wwwwww