PFI Pekanbaru Hadirkan Pameran Foto Virtual ”Maskermu, Senjatamu Lawan Virus Corona”

PFI Pekanbaru Hadirkan Pameran Foto Virtual ”Maskermu, Senjatamu Lawan Virus Corona”
Sabtu, 14 November 2020 16:45 WIB
Gusti Herniyah

PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Pandemi Covid-19 yang telah berlangsung lebih dari delapan bulan di Indonesia tidak menjadi rintangan bagi Pewarta Foto Indonesia (PFI) Pekanbaru untuk tetap kreatif dalam berkarya.

Bahkan menjadi kreativitas baru di saat pandemi dengan mempersembahkan pameran fotografi dengan virtual galeri bertajuk ”Maskermu, Senjatamu Lawan Virus Corona”.

Pameran fotografi virtual yang diluncurkan secara daring dari Kota Pekanbaru, Sabtu, merupakan foto-foto yang dihasilkan pewarta foto di Riau, Indonesia, dan luar negeri, saat mereka meliput wabah Covid-19.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/17112020/potretnewscom_wv4ku_2005.jpg

Menurut kurator pameran, Fachrozi Amri, secara keseluruhan ada 48 karya foto dari 13 anggota PFI Pekanbaru dan 6 pameris undangan dari media Nasional dan Internasional seperti ANTARA Foto, Sijori Images, AFP Indonesia, EPA Malaysia, AP Indonesia, The News Straight Times Malaysia, dan Reuters Indonesia.

Hasil karya menampilkan keberagaman momen kendati bernafaskan sama yang mengikuti alur tema yang diusung. Variasi ini turut menampilkan perkembangan media massa dan cara pandang fotografer yang ibarat sang penakluk waktu di media fotografi.

”Kegiatan ini adalah salah satu upaya pewarta foto dalam mengkampanyekan gerakan penggunaan masker di masa pandemi, dan memberi ruang seluas-luasnya bagi masyarakat agar dapat mengapresiasi karya-karya mereka agar nilai-nilai kekaryaan tidak hilang begitu saja, apalagi di tengah pandemi ini, " ujar Fachrozi yang lulusan Magister Seni ISI Yogyakarta.

Pameran foto disiarkan secara live di fanspage Facebook PFI Pekanbaru dan dibuka oleh Gubernur Riau Drs H Syamsuar MSi.

Gubernur Riau dalam sambutannya mengapresiasi atas dilaksanakannya pameran fotografi yang ditaja PFI Pekanbaru. Dia berharap kegiatan yang ditaja oleh rekan rekan Pewarta Foto Indonesia Pekanbaru dapat mendorong para fotografer yang dimasa pandemi Covid-19 turut terdampak, agar tetap bisa berkarya serta membantu pemerintah dalam mengkampanyekan protokol kesehatan dalam rangka untuk mewujudkan disipilin masyarakat.

”Saya berharap kegiatan yang inovatif ini menjadi pemicu bagi para pelukis cahaya lainnya dalam menciptakan kegiatan lainnya yang bermanfaat bagi masyarakat luas, " kata Syamsuar.

Ketua PFI Pekanbaru, Rian FB Anggoro, mengucapakan terima kasih kepada semua pameris, para fotojurnalis, yang berpartisipasi dalam pameran ini, baik di Pekanbaru, Jakarta, Sumatera Barat, Kepulauan Riau, hingga di negeri jiran Malaysia.

”Tidak mudah melakukan aktivitas saat ini, terutama bagi fotojurnalis. Karena beban yang kira terima semakin besar, tidak hanya tekanan deadline kantor, tapi juga ancaman dari musuh yang tak kasat mata, yaitu virus corona. Belum lagi dampak dari resesi ekonomi turut memukul semua lini kehidupan, termasuk industri media," ujar Rian Anggoro.

Disebutkan Rian, semua orang tentu rindu menghirup udara tanpa masker, kangen mengajak anak-anak ke kebun binatang dan mal tanpa rasa takut, merindukan bisa berdoa di masjid dan gereja tanpa ada jarak, dan bisa berjabat tangan seperti dulu lagi.

”Saya berharap dari pameran foto ini bisa menjadi pengingat bahwa sekarang ini kita masih dalam kondisi ’perang’ melawan COovid-19. Upaya yang bisa kita lakukan untuk mempersenjatai diri adalah menjaga jarak, mencuci tangan, dan disiplin memakai masker. Pameran foto ini diharapkan juga jadi pengingat di masa depan, agar anak cucu dan generasi setelah kita bisa belajar dari kejadian pandemi terbesar pada abad ini,” pungkas Rian.

Pameran foto mendapatkan dukungan dari APP Sinar Mas, Astra Agro Lestari, XL Axiata, Sabdacyber, dan Anggota DPR RI Arsyadjuliandi Rachman, sehingga terselenggaranya pameran foto dengan galeri virtual pertama di Provinsi Riau ini. ***

Kategori : Pekanbaru, Umum
wwwwww