Home > Berita > Inhu

Lindungi Paramedis Desa di Tengah Pandemi Covid-19, Asian Agri Bantu APD ke Puskesmas

Lindungi Paramedis Desa di Tengah Pandemi Covid-19, Asian Agri Bantu APD ke Puskesmas

GM PT RAU, Alison Marbun saat penyerahan bantuan APD ke UPTD Puskesmas Peranap yang diterima langsung oleh Kepala Puskesmas Peranap, Supriadi SKM/ISTIMEWA.

Senin, 26 Oktober 2020 14:11 WIB

INDRAGIRI HULU, POTRETNEWS.com — Tenaga medis di Indonesia perlu mendapatkan perlindungan serius sebagai garda terdepan dalam pencegahan virus corona atau Covid-19.

Sebagai wujud ”Bela Tenaga Kesehatan, Bela Indonesia” dalam memerangi penyebaran virus menular tersebut, Asian Agri memfokuskan beri bantuan alat perlindungan bagi tenaga medis di puskesmas-puskesmas yang berdampingan dengan perusahaan perkebunan kelapa sawit Asian Agri.

Sudah ratusan ribu alat pelindung sebagai pemutus mata rantai Covid-19 disalurkan Asian Agri di tiga provinsi, Sumut, Riau dan Jambi. Kali ini, alat pelindung berupa masker, sarung tangan, mantel pelindung, thermo gun dan kacamata dibagikan Asian Agri ke UPTD Puskesmas Peranap, Kecamatan Peranap, Kabupaten Indragiri Hulu, Riau, 19 Oktober 2020.

Head HSE & CSR Asian Agri, Welly Pardede mengatakan, tenaga kesehatan merupakan ujung tombak dalam mencegah penyebaran Covid-19.

”Perusahaan Asian Agri bersama PT RAU ikut berperan aktif dan mendukung upaya dari Dinas Kesehatan dalam memerangi virus ini. Wujud dari kepedulian kami adalah memberikan bantuan alat pelindung medis ke puskesmas-puskesmas yang ada di sekitar operasional kebun, guna melayani kesehatan masyarakat," ungkapnya.

GM PT RAU, Alison Marbun mengatakan, pandemi corona harus tetap dihadapi dengan menjalankan protokoler kesehatan dalam kegiatan sehari-hari. Dalam 7 bulan terakhir ini, Asian Agri - PT RAU sudah lakukan upaya pencegahan berupa sosialisasi melalui himbauan spanduk, poster, kemudian bantuan ember dan sabun cuci tangan, penyemprotan desinfektan fasilitas umum di desa seputar perusahaan dan pemberian masker.

”Kalau bantuan selama ini langsung ke masyarakat, maka pada hari ini bantuan ke tenaga medisnya. Semoga Kecamatan Peranap terbebas dari virus corona," harapnya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Peranap, Supriadi SKM yang menerima bantuan alat pelindung dari Asian Agri, mengucapkan banyak terima kasih.

”Jujur kami akui bahwa sudah mulai kesulitan mendapatkan alat pelindung ini, khususnya masker medis karena stok menipis. Bantuan dari dinas pun jumlahnya terbatas. Dalam setiap melayani pasien, kami dipastikan memakai masker, jadi setiap hari kami butuh sekitar 150 masker dengan jumlah tenaga kesehatan ada 125 perawat dan bidan serta 1 dokter gigi dan 3 dokter umum," bebernya.

Menurut dia, sebagian masyarakat sudah menyadari pentingnya menggunakan masker saat berkunjung ke puskesmas. "Jika tidak pakai masker, maka puskesmas memberikannya dengan sukarela agar pelayanan kesehatan bagi masyarakat tetap berjalan," ungkapnya. Ke depan, pihaknya sangat berharap kerja sama dengan Asian Agri - PT RAU tetap terjalin dengan baik.

”Puskesmas sudah mempunyai beberapa program kesehatan, yaitu cek kadar kolesterol dan kadar gula dengan menggandeng PT Rigunas,” sebutnya. ***

Kategori : Inhu, Umum
wwwwww