Home > Berita > Rohil

Danau Napangga di Rokan Hilir, Destinasi Wisata yang Konon Pernah Tempat Peristirahatan Raja dan Keluarganya

Danau Napangga di Rokan Hilir, Destinasi Wisata yang Konon Pernah Tempat Peristirahatan Raja dan Keluarganya

Danau Napangga yang memesona di Rokan Hilir/ISTIMEWA

Minggu, 25 Oktober 2020 09:20 WIB
Anggi Dwi Safitri

PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Kabupaten Rokan Hilir di Provinsi Riau tidak hanya punya segudang destinasi wisata yang indah, namun kerap melekat dengan cerita legenda. Hal itu jadi satu nilai lebih yang membuat para wisatawan penasaran untuk datang.

Di negeri berjuluk Seribu Kubah ini misalnya, ada detinasi wisata bernama Danau Napangga. Konon, menurut legenda, Danau Napangga merupakan tempat persinggahan dan peristirahatan raja juga permaisuri pada zaman dahulu.

”Menurut cerita sesepuh kami dulu, danau ini pernah dijadikan tempat persinggahan raja sama permaisurinya, kata Zulkifli salah penduduk saat dihubungi melalui telepon oleh potretnews.com, baru-baru ini.

Dikutip dari beberapa literatur, danau ini termasuk salah satu danau yang cukup menarik di Indonesia. Lokasinya terletak di kilometer 70-72 kilometer dari Ujungtanjung di Kecamatan Tanah Putih Rohil. Posisi persis danau ini adalah di hulu sungai Batangkumu, Desa Tanjungmedan yang berbatasan dengan Kabupaten Rokan Hulu (Riau) dan Provinsi Sumatra Utara.

Luas danau ini lebih kurang 500 hektar. Permukaan airnya yang bening kebiruan memantulkan rasa tenang. Danau yang terbentuk secara alami ini pun sangat nyaman bagi pengunjung untuk berenang dan melakukan beragam aktivitas menyenangkan lainnya. Ketenangan danau ini pun sangat cocok dikunjungi bagi Anda yang sedang mencari suasana rileks dan inspirasi baru dalam berkarya.

Kembali ke Zulkifli, dia mengklaim Danau Napangga cocok dikunjungi oleh orang-orang dari kota, yang ingin bersantai sambil menghilangkan rasa lelah setelah bekerja.

Menurut dia, ketenangan danau ini semakin lengkap dengan kehadiran pohon nyiur yang melambai-lambai dan pohon-pohon lain yang menampilkan suasana rimbun di sekitar danau. Sangat asri dan menyegarkan. Tak jauh dari danau, pengunjung dapat menjumpai sumber air panas yang memesona. Hal menarik lainnya, Danau Napangga merupakan habitat spesies ikan arwana sumatra atau ikan kayangan yang langka dan berharga sangat mahal.

”Di danau ini ada salah satu habitat ikan langka, dan harganya mahal sekali, namanya ikan arwana sumatra," pungkasnya. *1

Kategori : Rohil, Umum
wwwwww