Home > Berita > Riau

Kepala BPBD Riau Klaim Kabut Asap yang Selimuti Beberapa Daerah bukan karena Karhutla

Kepala BPBD Riau Klaim Kabut Asap yang Selimuti Beberapa Daerah bukan karena Karhutla

Kepala BPBD Provinsi Riau, Edwar Sanger.

Jum'at, 23 Oktober 2020 09:23 WIB
Rachdinal

PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau, Edwar Sanger menyatakan kabut asap yang menyelimuti beberapa daerah di Riau pada Rabu (21/10/2020) bukan karena kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

”Setahu saya tidak ada kabut asap, dari BMKG diinfokan bahwa itu adalah haze. Kalau sudah ada matahari, kabut tersebut akan hilang dengan sendirinya. Sekarang kan sudah masuk ke musim hujan” ucap Edwar kepada potretnews.com Jumat (23/10/2020).

Edwar Sanger juga mengklaim bahwa kabut asap yang sempat mengganggu jarak pandang tersebut disebabkan oleh partikel uap padat yang melayang di udara.

”Kalau pagi tentulah banyak haze, apalagi kan ketika pagi udaranya sedikit lembab ditambah lagi saat ini sudah masuk musim penghujan. Jadi itu bukan karena asap yang disebabkan oleh karhutla,” tukasnya.

Edwar menambahkan bahwa info hotspot atau titik panas di Provinsi Riau bisa dicek lewat website bmkg.go.id . ”Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) setiap harinya merilis info hotspot, jadi kita bisa cek langsung lewat website yang telah disediakan untuk mengetahui dimana terjadi hotspot atau titik panas,” demikian Edwar Sanger. ***

Kategori : Riau, Lingkungan
wwwwww