Menikmati Pemandangan Indah dari Ketinggian Puncak Kompe Kampar

Menikmati Pemandangan Indah dari Ketinggian Puncak Kompe Kampar

Puncak Kompe di Kabupaten Kampar/POTRETNEWS.com/RACHDINAL

Rabu, 21 Oktober 2020 19:23 WIB
Rachdinal

KAMPAR, POTRETNEWS.com — Dunia pariwisata di wilayah Provinsi Riau terus menggeliat seiring banyaknya kunjungan wisatawan dari tahun ke tahun. Hal ini terlihat dari semakin banyak destinasi wisata baru yang menyajikan pesonanya masing-masing.

Kampar, menjadi salah satu kabupaten yang gencar melahirkan destinasi wisata baru. Warga daerah ini seakan berlomba-lomba mengeksplorasi potensi wisata yang ada di sekitar mereka. Satu di antara beberapa spot wisata di Kampar yang banyak dikunjungi wisatawan bernama Puncak Kompe.

Puncak Kompe adalah tempat wisata yang menawarkan pemandangan indah dari atas ketinggian. Kawasan ini menawarkan daya tarik utama yaitu melihat lanskap panorama jajaran ”pulau-pulau”.

”Tempat wisata ini sudah tiga tahun berjalan dan kita kelola dengan beberapa masyarakat tempatan. Dari atas puncak ini kita bisa melihat beberapa pemandangan seperti ’pulau-pulau’ bekas desa yang ditenggelamkan untuk pemanfaatan waduk PLTA menampung air Sungai Kampar,” ungkap Ketua Kelompok Pengelola Puncak Kompe, Mushelmi kepada potretnews.com (21/10/2020).

Tak sekadar hanya melihat pemandangan indah dan berselfie ria, pengelola Puncak Kompe juga menyediakan fasilitas seperti musala, tempat makan, sewa tenda camping, dan sewa kapal, serta menawarkan beberapa aktivitas yang bisa dinikmati oleh pengunjung dengan biaya murah.

Dia menuturkan, di masa pandemi sekarang uang masuk ke tempat wisata ini Rp.10.000 bang, biasanya sebelum ada Covid-19 Rp.15.000. Kata Mushelmi, pihaknya tidak hanya menyediakan spot berselfie, tapi ada aktivitas lain yang disediakan seperti camping ground di pulau.

”Kami juga menyediakan kapal untuk keliling pulau, melihat air terjun tambang murai dan bisa menyusuri pesona Sungai Gulamo,” ujarnya.

Mushelmi menyebut, jika ingin menikmati aktivitas seru lainnya di Puncak Kompe, misalnya camping ground di pulau, pengunjung dikenakan tambahan biaya Rp15.000.

Kemudian bagi pengunjung yang tidak membawa tenda, tak perlu khawatir karena pihak pengelola menyewakan tenda dengan biaya Rp.100.000 per malam.

Sedangkan untuk berwisata keliling pulau dengan kapal muatan 10-12 orang pengelola memasang tarif Rp250.000, paket berkunjung melihat air terjun Tambang Murai dibanderol Rp700.000 untuk muatan 10-12 orang, serta berwisata ke Sungai Gulamo dikenakan biaya Rp1.000.000-Rp.1.500.000 tergantung kapal yang dipilih. ***

Kategori : Kampar, Umum
wwwwww