Home > Berita > Umum

Beredar Pesan Berantai Berkedok Program Prakerja di Situs https://prakerja.vip, padahal Web Resmi Cuma www.prakerja.go.id

Beredar Pesan Berantai Berkedok Program Prakerja di Situs <i>https://prakerja.vip</i>, padahal Web Resmi Cuma <i>www.prakerja.go.id</i>

Ilustrasi/INTERNET

Senin, 12 Oktober 2020 09:22 WIB

JAKARTA, POTRETNEWS.com — Sindikat penipu seperti tak kehabisan cara untuk mengelabui orang demi mereguk keuntungan. Satu contoh, penipuan berkedok program Kartu Prakerja yang kini tengah beredar.

Pesan berantai berisi pendaftaran Kartu Prakerja di situs https://prakerja.vip membuat resah masyarakat.

Malansir tribunnews.com, Ahad (11/10/2020) pesan ini tersebar luas di berbagai group WhatsApp.

Berikut isi dari pesan berantai pendaftaran Kartu Prakerja:

Daftar Prakerja Sekarang

Dapatkan bantuan sebesar 600.000 dari pemerintah lewat program prakerja

Kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi berupa bantuan biaya yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja ter-PHK atau pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi.

Bantuan akan dikirim setiap bulan selama program ini berjalan

Langkah untuk mendaftar Prakerja

⚫ Kunjungi situs https://prakerja.vip

⚫ Isi formulir data diri

⚫ Anda akan mendapatkan pemberitahuan melalui email/nomor hp

⚫ Bantuan akan dikirim melalui rekening bank

harap bagikan pesan ini kepada kerabat yang membutuhkan https://prakerja.vip

Head of Communications Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja, Louisa Tuhatu angkat bicara terkait beredarnya pesan berantai penipuan berkedok pendaftaran Kartu Prakerja.

Ia menegaskan, pendaftaran Program Kartu Prakerja saat ini telah memasuki gelombang ke-10. Selama belum ada pemberitahuan lebih lanjut, dapat dipastikan link-link pendaftaran sejenis dapat diduga sebagai upaya penipuan.

"Dengan pendaftaran gelombang 10, kami telah menuntaskan kuota untuk tahun 2020," katanya, Ahad (11/10/2020). Pendaftaran gelombang 10, lanjut Louisa, menjadi gelombang pendaftaran terakhir di tahun 2020.

Dengan demikian, tidak ada pembukaan pendaftaran Kartu Pra Kerja gelombang 11 di tahun ini. Louisa menambahkan akan menindak tegas upaya-upaya penipuan mengatasnamakan Program Kartu Prakerja.

"Kalau tindakan-tindakan penipuan seperti ini masih berlanjut terus, kami tidak akan segan untuk mengambil langkah hukum," tegasnya.

Penjelasan dari Pihak Pengelola Program Kartu Prakerja
Dikutip dari Instagram resmi @prakerja.go.id, telah memperingatkan masyarakat untuk berhati-hati dengan upaya penipuan mengatasnamakan pendaftaran Program Kartu Prakerja.

Sobat Prakerja, mohon waspada terhadap segala bentuk penipuan yang mengatasnamakan Kartu Prakerja. Alamat situs Kartu Prakerja yang resmi hanya www.prakerja.go.id
ㅤㅤ
Pastikan Sobat tidak memberikan data pribadi seperti NIK (Nomor Induk Kependudukan), nomor KK (Kartu Keluarga), nomor HP, alamat email, atau data pribadi lainnya kepada pihak yang tidak bertanggung jawab.
ㅤㅤ
Jadi, pastikan Sobat hanya mengunjungi situs Kartu Prakerja yang resmi, ya!
ㅤㅤ
Selain itu, jangan percaya bila Sobat menerima email yang tidak menggunakan domain email resmi Kartu Prakerja. Domain email resmi Kartu Prakerja hanya prakerja.go.id
ㅤㅤ
Bila Sobat menemukan informasi mencurigakan yang mengatasnamakan Kartu Prakerja, silakan laporkan melalui nomor layanan masyarakat Kartu Prakerja berikut ini: 0800-150-3001 (bebas pulsa). ***/Riau

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Umum
wwwwww