Intensifkan Sosialisasi, KPU Riau Berharap Partisipasi Pemilih Pemula di 9 Kabupaten/Kota Meningkat pada Pilkada 2020

Intensifkan Sosialisasi, KPU Riau Berharap Partisipasi Pemilih Pemula di 9 Kabupaten/Kota Meningkat pada Pilkada 2020

Anggota KPU Riau, Nugroho Noto Susanto/ISTIMEWA

Senin, 21 September 2020 15:31 WIB
Gusti Herniyah

PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Untuk menjaring pemilih pemula, Komisi Pemilihan Umum (KPU) di 9 kabupaten/kota di Riau yang akan menggelar pemilihan kepada daerah (pilkada), mengintensifkan sosialisasi. Hal ini agar para pemilih pemula turut berpartisipasi dan menggunakan hak suaranya pada Pilkada 2020.

”Sosialisasi bagi pemilih pemula digencarkan teman-teman KPU di daerah terutama melalui media sosial,” kata Anggota KPU Riau, Nugroho Noto Susanto, di Pekanbaru, Sabtu (19/9/2020). Pria yang akrab disapa Nugie ini mengatakan, dengan diintesifkan sosialisasi intensif dari KPU diharapkan partisipasi pemilih pemula pada Pilkada 2020 bisa meningkat.

Menurut dia, sosialisasi melalui media sosial seperti Zoom Meeting atau Google Meet guna menggantikan sosialisasi tatap muka yang belum mungkin dilakukan pada masa pandemi Covid-19.

”Mestinya ada sosialiasi tatap muka. Namun melihat perkembangan saat ini siswa masih tidak sekolah karena pandemi, maka sosialisasi menggunakan media sosial. Untuk pemilih mahasiswa sudah kita lakukan. Yang pelajar menyusul pada Oktober hingga November," katanya kepada potretnews.com, Sabtu (19/9/2020).

Untuk sementara, imbuh Nugie, sosialisasi masih terbatas kepada pihak sekolah dengan harapan sosialisasi tersebut dapat tersampaikan ke para siswa. Sebab, saat ini KPU masih fokus melayani tahapan pencalonan dan kampanye paslon.

Adapun wilayah yang menjadi sasaran sosialisasi yaitu seluruh daerah di Riau kecuali, Kabupaten Indragiri Hilir, Kota Pekanbaru, dan Kabupaten Kampar.

Nugie menyebut KPU di 9 kabupaten/kota di Riau tentu menghadapi tantangan yang besar dalam melakukan sosialisasi dan pendidikan pemilih, karena kondisi pandemi belum memungkinkan kami mengumpulkan kerumunan massa.

Secara khusus Nugie mengajak seluruh pemilih pemula agar dapat berpartisipasi dalam menggunakan hak pilih pada pemungutan suara 9 Desember mendatang.

”Jika ada hal hal yang hendak ditanya terlahir teknis pemilihan, silakan hubungi penyelenggara pemilu di kabupaten/kota, PPK, PPS, baik langsung atau media sosial atau perangkat teknologi komunikasi lainnya,” demikian Nugroho Noto Susanto. *1

Kategori : Politik
wwwwww