Home > Berita > Rohul

Air Terjun Aek Matua, Destinasi Wisata di Rokan Hulu yang Konon tak Kalah Indah dari Niagara

Air Terjun Aek Matua, Destinasi Wisata di Rokan Hulu yang Konon tak Kalah Indah dari Niagara

Air Terjun Aek Matua di Kabupaten Rokan Hulu, Riau/ROKANHULUKAB.go.id

Minggu, 20 September 2020 08:20 WIB
Anggi Dwi Safitri

ROKANHULU, POTRETNEWS.com — Kendati belum kesohor ke seantero Nusantara, siapa sangka bahwa Kabupaten Rokan Hulu Provinsi Riau juga menyimpan air terjun yang menyuguhkan panorama indah?

Dikenal dengan nama Air Terjun Aek Matua, kawasan wisata unggulan di daerah dengan julukan Negeri Suluk Berpusaka Nan nijau ini berada di Desa Tangun, Kecamatan Bangunpurba.

Nama Aek Martua berasal dari salah satu bahasa daerah di Riau, yakni suku Mandailing, yang artinya air bertuah. Dan mayoritas penduduk yang tinggal di kawasan air terjun ini adalah suku Batak Mandailing.

Untuk sampai ke Air Terjun Aek Matua, jalannya hanya dapat dilalui menggunakan sepeda motor saja, sebab medan yang ditempuh cukup sulit jika menggunakan mobil, karena ada jembatan yang tidak layak dilalui dengan mobil, jalan menanjak, berpasir, serta sedikit semenisasi.

”Jalanannya lumayan sulit, semenisasi belum keseluruhan, menanjak, dan berpasir, jadi lebih baik menggunakan sepeda motor saja jika ingin sampai ke sana," kata Erwin saat dihubungi melalui telepon oleh potretnews.com, Sabtu (19/9/2020).

Erwin mengatakan, terjun Aek Matua adalah salah satu tempat wisata yang paling recommended di Rohul. Di sana terdapat dua tingkat air terjun, dengan tingkat pertama sekitar 7,5 Meter dan tingkat kedua lebih kurang 20 meter. Dengan nuansa alam yang asik, air yang dingin, dan suasana yang nyaman.

”Air terjun ini sangat cocok dikunjungi bagi orang-orang yang ingin memanjakan diri dengan nuansa alam dan disuguhkan dengan pemandangan yang masih asri,” tutur Erwin.

Erwin menambahkan bahwa terdapat kekurangan yang ada di air terjun tersebut, yaitu pengolahan sampah belum berjalan dengan baik di sekitaran air terjun itu.

”Sampahnya masih banyak berserakan, dan saya harap pengelola tempat itu lebih memperhatikan sampah di sana. Kata orang-orang, kalau kawasan ini tidak jorok, keindahannya enggak kalah sama Niagara,” ujar dia.

Niagara adalah air terjun besar di sungai Niagara yang berada di garis perbatasan internasional antara negara bagian Amerika Serikat New York dengan provinsi Kanada Ontario. Air terjun ini berjarak sekitar 17 mil (27 km) sebelah utara barat laut dari Buffalo, New York dan 75 mil (120 km) tenggara Toronto, Ontario. *1

Kategori : Rohul, Umum
wwwwww