Sungai Harau Meluap, Sejumlah Kawasan di Kabupaten Limapuluhkota Sumbar Terendam Banjir

Sungai Harau Meluap, Sejumlah Kawasan di Kabupaten Limapuluhkota Sumbar Terendam Banjir

Kabupaten Limapuluhkota banjir setelah Sungai Harau meluap/BNPB

Sabtu, 05 September 2020 19:31 WIB
JAKARTA, POTRETNEWS.com — Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Limapuluhkota, Sumatra Barat (Sumbar) pada Sabtu (5/9/2020) pagi menyebabkan sejumlah kawasan terendam banjir setelah Sungai Harau meluap. Menurut laporan sementara yang diterima dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lima Puluh Kota, banjir tersebut karena dipicu oleh intensitas curah hujan yang tinggi.

”Berdasarkan laporan sementara, banjir terjadi di Nagari Taram, Kecamatan Harau dan Nagari Batu Payung di Kecamatan Lereh Sago Halaban. Hasil pantauan melalui udara, beberapa rumah, ruas jalan dan area persawahan terendam banji,” terang Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Raditya Jati, Sabtu (5/9/2020) petang, dilansir dari SINDOnews.

Hingga saat ini Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kabupaten Lima Puluh Kota masih melakukan kaji cepat dan berkoordinasi dengan instansi terkait.

Sementara itu, menurut prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Minangkabau, sebagian besar wilayah Provinsi Sumatera Barat masih berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai kilat dan petir serta angin kencang.

Adapun beberapa wilayah tersebut meliputi; Kepulauan Mentawai (Siberut Utara, Siberut Barat), Lima Puluh Kota (Kapur IX, Gunung Mas, Bukit Barisan), Padang Pariaman (Batang Anai), Kabupaten Solok (Hampir merata di seluruh wilayah kecamatan), Kota Solok, dan Padang (Koto Tangah).

Kemudian, Sijunjung (Sumpur Kudus, Koto Tujuh, Kupitan, IV Nagari, Tanjung Gadang, Sijunjung). Kemudian Sawahlunto, Pesisir Selatan (Koto IX Tarusan, IV Nagari Bayang, Bayang, IV Jurai), Solok Selatan (Sangir Batang Hari, Sangir Balai Janggo), dan Dharmasraya (IX Koto, Asam Jujuhan, Koto Besar, Pulau Punjung).

Selain itu, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai kilat dan petir serta angin kencang juga dapat meluas ke wilayah Padang Pariaman (Lubuk Alung), Tanah Datar, Payakumbuh, Limapuluh Kota (Lareh Sago Halaban, Situjuah Limo Nagari, Luhak, Harau, Mungka) dan wilayah di sekitarnya.

Melihat adanya dampak dari bencana yang dipicu oleh faktor cuaca dan hasil prakiraan cuaca dari BMKG tersebut, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) meminta agar pemangku kebijakan di daerah dapat melakukan upaya mitigasi bencana dan segera mengambil tindakan yang dianggap perlu dalam kaitan pengurangan risiko bencana. ***/Riau

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Peristiwa
wwwwww