PotretNews.com Senin 21 September 2020
Home > Berita > Inhu

Berbiaya Rp24 Triliun, Pemerintah Bangun Jalan Tol Pekanbaru—Rengat Sepanjang 175 Km

Berbiaya Rp24 Triliun, Pemerintah Bangun Jalan Tol Pekanbaru—Rengat Sepanjang 175 Km

Ilustrasi/INTERNET

Kamis, 27 Agustus 2020 11:27 WIB

RENGAT, POTRETNEWS.com — Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau melakukan upaya percepatan untuk mempersiapkan lahan untuk pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera trase Rengat-Pekanbaru dan Jambi-Rengat.

”Pembangunan jalan tol ini kan banyak melewati kabupaten/kota. Makanya kita butuh dukungan dari bupati, wali kota dan masyarakat yang wilayahnya dilewati jalan tol seperti Pekanbaru, Pelalawan, Indragiri Hulu, Indragiri Hilir, dan Kampar," katanya.

Ia mengatakan Gubernur Riau sudah menyiapkan surat keputusan untuk mendukung pelaksanaan program strategis nasional tersebut. Riau saat ini menjadi salah satu daerah yang dilalui jalan tol trans sumatera, yakni tol Pekanbaru-Dumai yang terhubung ke Sumatera Utara dan juga tol Padang-Pekanbaru. Pelaksanaan proyek infrastruktur tersebut diakuinya mengalami tantangan paling besar dalam hal pembebasan lahan. Karena itu, perlu ada dukungan dari semua pihak untuk mengatasinya.

”Termasuk masyarakat. Nanti kita akan lakukan sosialisasi kepada masyarakat bahwa akan ada pembangunan jalan tol, sehingga masyarakat dapat mendukung program pemerintah yang cukup besar ini," ucapnya, dilansir antaranews.com.

Tol Rengat-Pekanbaru rencanya akan dibangun sepanjang 175 Km dengan investasi total Rp24,824 triliun. Proyek ini sedang dalam tahap penyiapan, dan ditargetkan mulai beroperasi pada 2021.

Penanggung jawab proyek adalah PT Hutama Karya dengan skema pendanaan penugasan BUMN. Trase tersebut nanti akan disambungkan dengan tol Jambi-Rengat yang dibangun sepanjang 190 Km. Penanggung jawab proyeknya juga PT Hutama Karya dengan skema pendanaan yang sama.

Investasi yang dibutuhkan untuk jalan tol Jambi-Rengat mencapai Rp25,36 triliun. Saat ini proyek tersebut masih dalam tahap penyiapan dan ditargetkan mulai operasi pada 2023. ***

Editor:
Akham Sophian

       
        Loading...    
           
Kategori : Inhu, Pekanbaru, Umum
wwwwww