PT MAS Dinilai Ingkar Janji, Karyawan Kembali Gelar Mogok Kerja

PT MAS Dinilai Ingkar Janji, Karyawan Kembali Gelar Mogok Kerja
Rabu, 29 Juli 2020 14:16 WIB
Junaidi

BENGKALIS, POTRETNEWS.com — Bukan dinilai, tapi kenyataannya PT Meskom Agro Sarimas (PT MAS) tidak menepati janji memenuhi kewajibannya membayar gaji secara rutin dan sisa Tunjangan Hari Raya (THR), ratusan karyawan perusahaan sawit ini kembali mogok kerja, Rabu (29/7/2020).

Mogok dan demonstrasi ini telah 3 kali dilakukan, sebelumnya pada Senin (19/5/2020) silam dengan janji melunasi sisa THR tahun 2020 dan pembayaran gaji tiap akhir bulan. 

Aksi yang merupakan inisiatif individu karyawan ini dimulai sekitar pukul 08.00 WIB. Baru sekitar pukul 10.30 WIB, GM PT MAS, Irawan menemui kerumunan karyawan yang terzalimi di pintu masuk pos security perusahaan di Jalan Utama, Desa Pangkalan Batang Barat, Bengkalis Riau. Dalam pertemuan itu, Irawan menyampaikan bahwa gaji akan dibayarkan pada 5 Agustus 2020 bulan depan. Para demontran tidak menerima apa yang disampaikan Irawan karena sebelumnya mereka pernah disuguhkan janji-janji manis yang terbukti dilanggar.

Sebab para pendemo yang akan merayakan Idul Adha pada Jum'at, 31 Juli mendatang menolak tawaran Irawan, lalu Irawan bergerak menuju ke kantor perusahaan sawit ini yang berada di kilo Nol, namun menurut seorang peserta aksi, GM Irawan diperkirakan baru sampai di kilo Tiga telah kembali menjumpai demonstran lagi.

"Sekitar setengah jam lah GM (Irawan,red) di sini dengan keputusan gaji bulan Juni 2020 berupa pinjaman lima ratus ribu rupiah yang dibayarkan hari ini," kata seorang pendemo yang mengenakan masker kepada potretnews.com, Rabu (29/7/2020) siang.

Kata putus belum didapat, karyawan kecewa berwajah duka, Irawan pun sekitar pukul 11.35 WIB menuju mobilnya. "Lima ratus mau dikasi, kami bukan kerja ponsel," terdengar sungut seorang pendemo di antara sungut pendemo lainnya.

Ratusan peserta aksi tadi masih bertahan di depan pos security yang dikawal pihak kepolisian. Terlihat juga ada yang membawakan roti, segera mereka mengganjal perut yang telah wajib diisi.

"Kami akan melanjutkan aksi ini sampai ke pihak terkait," ungkap pendemo lain yang juga mengenakan masker. ***

Kategori : Bengkalis, Umum
wwwwww