Dua Bupati Incar Kursi Ketua DPW PAN Riau

Dua Bupati Incar Kursi Ketua DPW PAN Riau

Ilustrasi/INTERNET

Rabu, 22 Juli 2020 15:40 WIB

PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Peminat Calon Formatur di Musyawarah Wilayah (Muswil) VI Partai Amanat Nasional (PAN) Riau cukup tinggi. Buktinya, sebanyak 23 orang kader telah mengajukan diri.

Jumlah ini kemungkinan akan bertambah seiring diperpanjangnya masa pendaftaran sampai 29 Juli 2020. Ketua Steering Committee (SC) Muswil PAN Riau, T Zulmizan Assegaf mengatakan, hingga per 21 Juli 2020 sampai pukul 17.00 WIB, sudah ada 23 orang yang mendaftarkan diri dan berasal dari berbagai latar belakang.

Sedikit membocorkan, Zulmizan merinci dari 23 orang itu ada 2 orang kepala daerah yang saat ini sedang menjabat, 13 orang pengurus DPW PAN Riau, 6 orang anggota Fraksi PAN DPRD Riau, dan 1 orang mantan pengurus DPP.

Sebagai informasi, saat ini hanya dua orang kader PAN yang berhasil menjadi kepala daerah di Riau, yakni Irwan Nasir di Kabupaten Kepulauan Meranti dan Alfedri di Kabupaten Siak. Tidak hanya itu, sebanyak 5 orang ketua DPD kabupaten dan kota di Riau juga mengajukan diri, kemudian 4 orang dari Fraksi PAN DPRD kabupaten dan kota, 1 orang ketua organisasi otonom PAN, hingga tiga orang kader biasa.

”Di antara itu juga ada 4 orang calon kepala daerah akan bertarung di Pilkada Serentak tahun 2020 ini," kata Zulmizan, Rabu (22/7/2020), seperti dilansir goriau.com.

Jika merujuk pada mekanisme internal PAN, formatur yang akan dipilih dalam muswil VI berwenang menyusun kepengurusan DPW PAN Riau periode mendatang (2020—2025). Jabatan ketua formatur terpilih otomatis akan menjadi Ketua DPW PAN Riau.

Muswil VI PAN Riau sendiri, lanjut Zulmizan, akan digelar secara virtual, mengingat saat ini masih dalam kondisi pandemi Covid-19, dimana kegiatan-kegiatan yang menghimpun kerumunan massa terikat dengan aturan Protokol Kesehatan dari Pemerintah.

”DPP PAN telah menerbitkan petunjuk teknis pelaksanaan muswil secara virtual tersebut sebagai pedoman bagi panitia," tambah Zulmizan.

Untuk titik kegiatan, nantinya peserta akan terbagi dalam titik, yakni 1 titik Jakarta sebagai forum ketua umum dan jajaran fungsionaris DPP PAN, 1 titik di Pekanbaru yang menjadi forum pengurus DPW PAN Riau, dan 12 titik di ibukota kabupaten kota sebagai forum peserta dari tingkat DPD dan kecamatan. ***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Politik, Riau
wwwwww