Home > Berita > Umum

Tol Padang—Sicincin Ditargetkan Beroperasi Desember 2021

Tol Padang—Sicincin Ditargetkan Beroperasi Desember 2021

Gambar hanya ilustrasi/INTERNET

Rabu, 08 Juli 2020 09:22 WIB

PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Progres pembangunan tol sirip (jalan pendukung) Pekanbaru—Padang pada Padang—Sicincin saat ini telah mencapai 20,49%.

Tol sepanjang 30,4 km tersebut merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera yang ditargetkan rampung dan beroperasi Desember 2021 mendatang.

”Cepat atau lambatnya pembangunan jalan tol ini tergantung pada tahapan pembebasan lahan. Bahkan konstruksi bisa lebih cepat bila lahannya tersedia. Sehingga dengan begitu program kerja bisa dilaksanakan sebaik–baiknya untuk kesejahteraan masyarakat,” kata Menteri Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dalam keterangan resminya, Selasa (7/7/2020), seperti dilansir investor.id.

Pembangunan Tol Padang—Sicincin yang dimulai pada Februari 2018 lalu ini diharapkan dapat meningkatkan perekonomian khususnya pertanian, industri, dan pariwisata sekaligus menjadi solusi untuk mengatasi kepadatan lalu lintas terutama arus komoditas.

Lebih dari itu, lanjut Basuki, pembangunan Tol Padang—Sicincin juga akan dapat meningkatkan konektivitas antara Provinsi Riau dan Sumatra Barat.

Sebab Tol Padang—Sicincin termasuk satu dari enam seksi Jalan Tol Pekanbaru—Padang. Diketahui Jalan Tol Pekanbaru—Padang mempunyai total panjang 254 km dan terbagi menjadi enam seksi, yaitu Seksi I Padang—Sicincin, Seksi II Sicincin—Bukittinggi, seksi II Bukittinggi—Payakumbuh, Seksi IV Payakumbuh—Pangkalan, seksi V Pangkalan—Bangkinang dan seksi VI Bangkinang—Pekanbaru yang secara keseluruhan ruas Tol Pekanbaru—Padang ditargetkan beroperasi pada tahun 2025.

Sedangkan dari sisi Pekanbaru, PUPR telah memulai pembangunan ruas Tol Pekanbaru Pekanbaru—Padang Bangkinang sepanjang 40 km dengan progres fisik saat ini mencapai 20%.

Adapun pembangunan Jalan Tol Pekanbaru Pekanbaru—Padang Padang dikerjakan PT Hutama Karya dengan nilai investasi Rp 78 triliun melalui Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol yang ditandatangani pada 11 Oktober 2017 lalu.

PUPR Basuki mengharapkan beroperasinya Tol Pekanbaru—Padang nanti dapat memangkas waktu tempuh yang semula menghabiskan 9 jam menjadi 3 – 4 jam. Tol Pekanbaru Pekanbaru—Padang Padang juga merupakan bagian dari Tol Trans Sumatera sepanjang 2.878 km yang terdiri dari koridor utama dan pendukung yang membentang dari Lampung hingga Aceh sebagai koridor utama beserta jalan pendukung (sirip).

Saat ini jalan Tol Trans Sumatera yang sudah beroperasi sepanjang 467,6 km dengan ruas-ruas yang sudah operasional seperti Bakauheni Pekanbaru—Padang Terbanggi Besar 141 km, Terbanggi Besar Pekanbaru—Padang Pematang Panggang–Kayu Agung sepanjang 189 km, Palembang—Indralaya 22 km, Medan—Binjai 10,46 km, Medan—Kualanamu—Tebing Tinggi 62,2 km, dan Belawan—Medan—Tanjung Morawa 43 km, sementara ruas Pekanbaru—Dumai sejauh 131 km siap diresmikan dalam waktu dekat. ***/Riau

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Umum, Pekanbaru
wwwwww