Turap Pantai Pesona Selatbaru Bengkalis Alami Kerusakan, Tugu Tanjak Mulai Dikotori Tangan Jahil

Turap Pantai Pesona Selatbaru Bengkalis Alami Kerusakan, Tugu Tanjak Mulai Dikotori Tangan Jahil

Turap dan Tugu Tanjak di Pantai Pesona Selatbaru yang rusak, Sabtu (20/6/2020).

Minggu, 21 Juni 2020 20:50 WIB

BENGKALIS, POTRETNEWS.com — Pantai Pesona Selatbaru di Kecamatan Bantan adalah satu-satunya pantai berpasir yang indah di Pulau Bengkalis Riau.

Ada dua titik terlihat oleh kru media ini pada Sabtu, 20 Juni 2020 lalu yang tidak indah di pantai yang berada di sisi Utara pulau ini. Turap yang berusia lebih 10 tahun yang telah rusak dan Tugu Tanjak yang terkesan mulai dirusak.

Kepala UPT Pengelolaan Wisata Kecamatan Bantan, Candra Kusuma membenarkan kondisi di atas. ”Yang rusak saya rasa yang turap tu lah yang parah, kalau mengenai tanjak tu kami juga selalu menyosialisasikn kepada pengunjung jangan memanjat atau merusak tanjak tersebut," kata Candra Kusuma kepada potretnews.com, Ahad (21/6/2020) pagi pukul 08.00 WIB melalui pesan WhatsApp-nya.

Di pantai yang Insya Allah tetap akan digelar agenda Pesta Pantai tahun 2020 oleh Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Bengkalis ini, diakui Candra Kusuma ada gambaran perbaikan turap dan pemeliharaan tanjak yang rusak tadi.

”Untuk tahun 2019 sudah ada gambaran pembangunan di Pantai Selatbaru, perencanaan sudah dilakukan melalui Dinas Pariwisata (Disparbudpora, red), tapi setelah datang musibah corona (Covid-19) semua dirasionalisasi," tambah Candra Kusuma seraya menyebutkan bahwa untuk anggaran perbaikan Tugu Tanjak tidak ada dan dia kurang tau kalau dari Disparbudpora ada.

Dalam pemikiran dia, tanjak itu dibuat pakai airbros yang permanen, sementara kalau yang sekarang model plastik," ungkapnya seraya mengaku akan berupaya lain agar Tugu Tanjak tetap terpelihara mungkin dengan membuat tulisan imbauan di tempat Tanjak tersebut.

Masih kata UPT Pengelolaan Wisata Candra Kusuma, dirinya belum koordinasi dengan Dimas sebagai Kasi Destinasi Wisata Disparbudpora apakah boleh diusulkan (perbaikan, red) atau tidak.

”Meski belum koordinasi dengan Bu Dimas, tapi insya Allah semua yang rusak di Pantai Selatbaru selalu kami usulkan. Harapan saya tentunya para pengunjung agar tetap dan selalu menjaga kebersihan dengan membuang sampah ke tempat yang disediakan,” ujarnya.

Kepada masyarakat yang mempunyai binatang kambing Candra Kusuma mengingatkan agar jangan sembarang melepas piaraannya karna bisa merusak tanaman yang di taman.

Dia mengapresiasi pedagang dan petugas parkir yang melaksanakan tugasnya dengan baik, menjaga dan mengatur parkir dan para pedagang telah memperhatikan tempat warungnya yang bersih dan indah agar para pengunjung terasa nyaman di warungnya.

Selain itu, khusus para pedagang musiman yang datang menggunakan sepeda motor ke pantai ini, Candra Kusuma mengingatkan harus menjaga kebersihan dan tentunya tidak boleh berjualan di sembarang tempat, berjualan di tempat yang kami sediakan dengan berkordinasi terlebih dahulu kepada kami.

”Ucapan terima kasih kami sampaikan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkalis yang selama ini telah memperhatikan pantai Selat Baru. Kepada seluruh masyarakat Kabupaten Bengkalis ayo terus kita ramaikan wisata daerah kita khsusnya pantai Selat Baru,” kata Candra Kusuma yang baru setahun menjadi Kepala UPT Pengelolaan Wisata di akhir wawancara. ***

Kategori : Bengkalis, Umum
wwwwww