Home > Berita > Umum

Rokan Hilir Satu-satunya Daerah di Riau yang Sekolahnya Diizinkan Belajar secara Tatap Muka

Rokan Hilir Satu-satunya Daerah di Riau yang Sekolahnya Diizinkan Belajar secara Tatap Muka

Gambar hanya ilustrasi/TRIBUNNEWS.com

Rabu, 17 Juni 2020 08:06 WIB

RIAU, POTRETNEWS.com — Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah mengeluarkan edaran jadwal proses belajar mengajar untuk tahun 2020, yang rencananya akan dimulai pada awal Juli mendatang, saat pandemi Covid-19.

Sebagai satu-satunya daerah yang merupakan zona hijau atau bebas dari wabah Covid-19 di Riau, Kabupaten Rokanhilir (Rohil) akan melaksanakan kembali kegiatan belajar-mengajar secara tatap muka sebagaimana biasanya.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir, menjelaskan sekolah yang diperbolehkan tatap muka hanya daerah zona hijau atau bebas dari wabah Covid-19.

”Tapi tetap menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat, dan ada izin dari pemerintah setempat untuk membuka sekolah," tegas Mimi, Selasa (16/6/2020), seperti dikutip dari kompas.com.

Kendati demikian, pihak sekolah tidak boleh memaksa anak sekolah jika orangtuanya tidak mengizinkan. Lebih lanjut, Mimi menjelaskan bahwa pelaksanaan kembali proses belajar mengajar tatap muka dilakukan secara bertahap, yang dimulai dari tingkat SMA dan SMK. Kemudian, untuk tingkat SMP, SD dan Paud dimulai dua bulan setelahnya.

”Jadi, jika sekolah dibuka ketentuan yang harus dipatuhi, antara lain murid tidak diperbolehkan jajan, tidak diperbolehkan mengadakan kegiatan ekstrakurikuler dan berolahraga di sekolah. Hal ini untuk mencegah penyebaran Covid-19," sebut Mimi.

Dia menambahkan, dengan menerapkan protokol kesehatan di sekolah maka selama proses belajar mengajar tatap muka, jarak tempat duduk siswa harus diatur. Siswa juga wajib menggunakan masker, dilakukan pengukuran suhu tubuh. Sekolah juga menyediakan tempat cuci tangan, dan mempersingkat jam belajar.

Proses belajar-mengajar dengan tatap muka hanya diperbolehkan bagi daerah yang masuk zona hijau. Dan bagi daerah yang masih masuk ke zona kuning dan merah tetap dilakukan dengan cara daring atau online. ***

Editor:
A Roni

Kategori : Umum, Rohil
wwwwww