13 Warga Kuansing Harus Jalani Tes Swab Usai Kontak Aktif dengan Pasien Positif Corona

13 Warga Kuansing Harus Jalani Tes <i>Swab</i> Usai Kontak Aktif dengan Pasien Positif Corona

Gambar hanya ilustrasi/INTERNET

Rabu, 10 Juni 2020 10:28 WIB

TELUKKUANTAN, POTRETNEWS.com — Sebanyak 13 warga salah satu desa di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau, akan diambil sampel swab-nya pada Rabu (10/6/2020) pagi.

Pengambilan sampel swab dilakukan karena 13 orang tersebut kontak aktif dengan pasien positif Covid-19.

”Ada 13 orang yang akan dilakukan pengambilan sampel swab,” kata juru bicara gugus tugas penanganan covid-19 Kuansing, dr Amelia Nasrin, Rabu (10/6/2020).

Seperti diketahui, pasien nomor 120, perempuan, inisial TJM, 40 tahun pernah berkunjung ke Kuansing. TJM sendiri ditetapkan pasien positif pada Selasa (9/6/2020). Saat ini sang pasien dirawat di salah satu rumah sakit di Pekanbaru.

Amelia mengatakan 13 orang yang akan diambil sampel swab-nya tersebut terdiri dari 9 anggota keluarga TJM, 1 orang supir travel yang membawa TJM ke Pekanbaru.

”Sebanyak 3 orang tenaga kesehatan yang kontak di PKM ketika pasien meminta surat keterangan sehat,” katanya. Dia mengatakan pengambilan sampel akan dilakukan di Desa Sukamaju, Kecamatan Singingi Hilir. 13 orang ini pun dijadikan sebagai orang dalam pemantauan (ODP).

”Untuk inisial ODP, akan kita sampaikan nanti,” katanya. Pasien TJM merupakan warga Batam. Sebelum ke Kuansing, pasien ke Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumut pada 29 Februari. Pada 16 Maret orang tuanya meninggal di Tarutung. Pada 17 Maret, bersama keluarganya menggunakan mobil pribadi ke Kuansing.

Selama dua bulan lebih berada di Kuansing, pada 5 Juni, pasien bertolak ke Pekanbaru menggunakan bus travel. Pasien menjalani rapid tes yang hasilnya reaktif. Setelah itu menjalani tes swab dan pada 9 Juni hasil swab keluar dan dinyatakan positif Covid-19.

Di Kuansing sendiri sejauh ini belum ada ditemukan kasus positif Covid-19. Ada memang kasus positif disebut di Kuansing, sayang, sang pasien berdomisili di Pekanbaru. Hanya saja, di identitas KTP, tertulis berdomisili di Kuansing.

Sejauh ini, jumlah PDP di Kuansing sebanyak 36 orang. Dari jumlah tersebut, 9 orang meninggal dunia dan sisanya sembuh. Selain PDP, jumlah orang dalam pemantauan (ODP) 5.385 orang. Dari jumlah tersebut 4.432 orang sudah selesai dipantau dan sisanya 953 masih dipantau. ***

Berita ini telah tayang di tribunnews.com

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Kuansing, Umum
wwwwww