Pejabat Pemkab Natuna Jadi Pasien Positif Corona ke-118 di Riau, Pernah Dua Kali Jalan-Jalan ke Sungai Hijau Kampar

Pejabat Pemkab Natuna Jadi Pasien Positif Corona ke-118 di Riau, Pernah Dua Kali Jalan-Jalan ke Sungai Hijau Kampar

Rumah sakit karantina pasein corona di Aceh/2020 AFP PHOTO-CHAIDEER MAHYUDDIN

Sabtu, 06 Juni 2020 23:16 WIB

PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Seorang pejabat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Natuna Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) dinyatakan positif Covid-19 atau corona.

Dia memiliki riwayat perjalanan ke Sungai Hijau, Kabupaten Kampar, Riau. Pasien ke-118 positif Covid-19 di Riau dengan inisial HW, pria usia 46 tahun, sedang berkunjung ke Bumi Lancang Kuning.

Juru Bicara Penanganan Covid-19 Provinsi Riau, dr Indra Yovi dalam konferensi pers Sabtu (6/6/2020) mengatakan pasien HW dan keluarga punya riwayat perjalanan ke Sungai Hijau Bangkinang.

Pertama pada 26 Mei 2020 dan tanggal 28 Mei 2020 kembali mengunjungi Sungai Hijau Bangkinang. Dijelaskannya, HW datang ke Riau sejak April 2020 lalu untuk menengok anaknya yang melanjutkan pendidikan di Provinsi Riau.

Saat akan kembali ke Natuna, ia melakukan rapid tes mandiri di rumah sakit sebagai keperluan agar bisa mendapatkan surat keterangan bebas Covid-19, sebagai salah satu syarat untuk melakukan perjalanan dengan pesawat udara.

”Tuan HW saat ini sudah diisolasi dan dirawat di RSUD Arifin Ahmad Pekanbaru. Tn HW (46) merupakan hasil dari test PCR Mandiri untuk keperluan melakukan perjalanan pulang ke Provinsi Kepulauan Riau," jelasnya.

Pihaknya saat ini sudah memeriksa hasil swab terhadap keluarga pasien dan juga yang kontak langsung dengan pasien positif ini. ”Selanjutnya kita akan melakukan tracing kontak terhadap perjalanan pasien. Dan lebih luasnya oleh Dinas Kesehatan Kampar dan Dinas Kesehatan Pekanbaru, ke mana saja perjalanan pasien selama ini,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Riau, Mimi Yuliani Nazir mengatakan, untuk kabar baiknya, Riau juga ada tambahan satu pasien Covid-19 yang dinyatakan sembuh.

”Penambahan 1 pasien Covid-19 yang dinyatakan sembuh, yaitu Nn UAH (15) yang merupakan warga Kabupaten Bengkalis," imbuh dia.

Dijelaskannya, dari 118 kasus positif tersebut, 11 dirawat di rumah sakit, 101 sehat dan sudah dipulangkan, dan 6 meninggal dunia. Sementara itu, untuk PDP yang masih dirawat berjumlah 64 pasien, PDP negatif Covid-19 dan dipulangkan berjumlah 1.251 orang, dan PDP meninggal dunia berjumlah 161 orang. Total PDP berjumlah 1476 orang.

”Sedangkan Orang Dalam Pemantauan (ODP) berjumlah 5.218 orang, ODP sudah selesai pemantauan berjumlah 65.660 orang," pungkasnya. ***

Editor:
A Roni

Kategori : Kampar, Pekanbaru, Umum
wwwwww