Info bagi Calon Mahasiswa, Unilak Peringkat 4 di Riau dan 191 di Indonesia

Info bagi Calon Mahasiswa, Unilak Peringkat 4 di Riau dan 191 di Indonesia

Kampus Unilak di kawasan Rumbai Pekanbaru/ISTIMEWA.

Jum'at, 05 Juni 2020 17:09 WIB
Muhamad Maulana

PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Ada kabar gembira menjelang Dies Natalis ke-38, Universitas Lancang Kuning (Unilak), Pekanbaru, Riau. Perguruan tinggi yang berada di Rumbai itu masuk dalam empat besar kampus di Riau versi lembaga pemeringkat 4 Internasional Colleges & Universities tahun 2020.

Dalam daftar yang bisa diakses di situs www.4icu.org, di Indonesia ada lebih dari 563 universitas. Peringkat pertama di negeri ini diraih oleh UGM. Jika dilihat di laman itu, PTN negeri masih mendominasi.

Untuk di Indonesia Unilak berada di peringkat 191. Sementara jika di lihat berdasarkan provinsi (Riau) maka unilak berada di peringkat 4. Peringkat pertama dan dua diisi oleh PTN di Riau. Untuk perguruan tinggi swasta Unilak berada di peringkat 2.

4ICU memiliki kriteria penilaian kepada setiap universitas yang disurvei, 4icu lebih menyoroti bidang digital dan tautan. Menanggapi hasil pemeringkatan dari 4ICU ini, Rektor Unilak Dr Junaidi SS MHum mengatakan, pemeringkatan tersebut merupakan kabar bagus di saat wabah corona dan di saat banyak mahasiswa dan orang tua tengah berpikir menentukan tempat kuliah. Unilak dalam bidang teknologi memang memberikan perhatian lebih.

”Dengan perolehan akreditasi A dan B pada program studi dan akreditasi B pada institusi, Unilak meraih ranking 191 di Indonesia. Ini membuktikan Unilak menjadi pilihan yang tepat bagi masyarakat Riau dan provinsi lain. Di usia 38 tahun, Unilak semakin berkualitas dan dapat bersaing dengan perguruan tinggi lain di Indonesia,” katanya kepada potretnews.com, Jumat (5/6/2020).

Junaidi menyebut, selama masa wabah corona Unilak tidak memili masalah dalam perkuliahan kuliah daring. Bahkan empat hari pertama setelah ditetapkan mulai kuliah daring, ada lebih dari 460 sesi kuliah dan diikuti oleh 4.420 mahasiswa.

Saat ini, kata dia lagi, dalam bidang teknologi unilak telah banyak melakukan perubahan besar. Beberapa di antaranya pelaksanaan ujian masuk mahasiswa baru bisa online, sistem perkuliahan dengan blended learning, absensi dosen pegawai online, e-library, layanan admistrasi, jurnal elektronik, e-office, dan lain-lain. Website Unilak pun telah terkoneksi fakultas dan unit-unit lainnya.

Menurut Junaidi, informasi ini tentu menjadi informasi bagus bagi orang tua atau calon mahasiswa yang ingin melanjutkan kuliah. Artinya Unilak mampu bersaing dengan perguruan tinggi lainnya di Pulau Jawa. Padahal di Indonesia ada lebih dari 1.000 universitas. Dan Unilak berada di peringkat 191 versi 4ICU.org.

”Jurusan di Unilak telah berakreditasi A dan B. Dalam PMB Unilak memberikan diskon hingga 50 persen untuk biaya pengembangan. Jadi silakan mendaftar di kampus Unilak, dengan mengakses www.pmb.unilak.ac.id,” pungkas Junaidi. ***

Kategori : Pekanbaru, Umum
wwwwww