New Normal Siap Dimulai, Pemkab Bengkalis-TNI-Polri Bersinergi

<i>New Normal</i> Siap Dimulai, Pemkab Bengkalis-TNI-Polri Bersinergi

Suasana rapat Gugus Tugas penanganan Covid-19, bertempat di ruang Sekretariat Gugus Tugas BPBD Bengkalis, Rabu (3/6/2020).

Rabu, 03 Juni 2020 18:40 WIB
Junaidi

BENGKALIS, POTRETNEWS.com — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis, Riau, terus melakukan langkah-langkah persiapan untuk tatanan kehidupan baru atau new normal.

Hal tersebut dibahas dalam rapat bersama Gugus Tugas penanganan Covid-19, bertempat di ruang Sekretariat Gugus Tugas BPBD Bengkalis, Rabu (3/6/2020).

New normal merupakan kebijakan pemerintah memberlakukan tatanan kehidupan yang baru dalam beraktivitas dalam keseharian, dengan tetap menekankan pentingnya penerapan protokol kesehatan untuk mengantisipasi pengulangan penyebaran pandemi Covid-19.

Beberapa bentuk aktivitas dimaksud misalnya dalam hal perekonomian dalam aktivitas jual beli di pasar, bekerja di kantor dan bersekolah dengan tetap menggunakan masker, menjaga jarak serta menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

”Pada prinsipnya untuk menghadapi new normal artinya penerapan protokol kesehatan harus terus disiplin. Penentu sukses tatanan kehidupan baru (new normal) wabah Covid-19 adalah disiplin diri sendiri dan kesadaran bersama seluruh masyarakat,” Plh Bupati H, ujar H Bustami HY Masyarakat harus tetap menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan virus corona, seperti menggunakan masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

Untuk memastikan kedisiplinan warga dan semua berjalan sesuai dengan rencana saat new normal, maka menurutnya pemkab bekerja sama dengan TNI-Polri.

”Perlu sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat untuk patuh terhadap protokol kesehatan dalam melaksanakan kegiatan di tempat-tempat umum maupun tempat lainnya karena new normal adalah hidup dengan aturan dan batasan,” paparnya.

Bustami mengatakan pihaknya akan menaati arahan pemerintah pusat untuk mulai menjalankan kebijakan new normal.

”Kita akan patuhi arahan pemerintah pusat dan menjalankan kebijakan new normal tentunya dengan protokol kesehatan yang ketat pula. Persiapan harus dilakukan dengan matang supaya pemberlakuan new normal ini jangan sampai menambah kenaikan kurva Covid-19 di Kabupaten Bengkalis,” pungkasnya.

Ikut mendampingi Plh Bupati Bengkalis saat itu, Dandim 0303 Bengkalis Letkol Inf Lizardo Gumay, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Bengkalis H Heri Indra Putra, Kalaksa BPBD Bengkalis H Tajul Mudarris, Kepala Dinas Kesehatan Bengkalis dr Ersan Saputra, dan Kepala Dinas Perhubungan Bengkalis Djoko Edi Imhar.

Kemudian, Kadis Diskominfotik Johansyah Syafri, Kadis Dinas Sosial Martini, Kadis Perindag Indra Gunawan, Kabag Hukum Mariansyah Oemar, serta Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Sekretariat Daerah Bengkalis Muhammad Fadhli. ***

wwwwww