PotretNews.com Kamis 06 Agustus 2020
Home >  Berita >  Pekanbaru

Belum Ada Kepastian Masuk Sekolah setelah PSBB Dicabut, Pemkot Pekanbaru Tunggu Petunjuk Mendikbud

Belum Ada Kepastian Masuk Sekolah setelah PSBB Dicabut, Pemkot Pekanbaru Tunggu Petunjuk Mendikbud

Ilustrasi/PIKIRAN-RAKYAT.com

Jum'at, 29 Mei 2020 08:03 WIB

PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Kegiatan belajar-mengajar di sekolah di Kota Pekanbaru belum ada kepastian setelah Pemberlakuan Sosial Berskala Besar (PSBB) dicabut.

Untuk itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Pekanbaru memilih menunggu petunjuk dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud). Pemkot belum mengambil keputusan terkait apakah sekolah kembali dibuka atau tetap belajar di rumah.

”Hari ini Pemprov Riau telah mencabut status PSBB. Dengan demikian, dunia pendidikan yang awalnya belajar di rumah, akan kembali dilaksanakan di sekolah. Ini memang terjadi pro dan kontra di tengah masyarakat. Kita belum bisa menyimpulkan apa pun soal rencana dibukanya kembali sekolah ini," kata Kabag Humas Setda Pekanbaru Irba Sulaiman kepada wartawan, Kamis (28/5/2020), seperti dilansir detikcom.

Irba mengatakan saat ini terjadi pro dan kontra soal rencana sekolah dibuka kembali menjelang new normal. Dia mengatakan, jika sekolah dibuka, semua pihak harus mengikuti pelaksanaan protokol kesehatan yang ketat.

”Kalaupun nantinya sekolah dibuka, protokol kesehatan harus tetap dilaksanakan. Karena new normal ini bukanlah kita kembali beraktivitas seperti sebelumnya. Tapi kita tetap melaksanakan protokoler kesehatan, seperti menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun. Inilah yang harus kita sosialisasikan ke masyarakat, bahwa pencabutan PSBB ini bukan berarti kembali bebas sebelum ada wabah Covid-19,” kata Irba.

Dia menyebut masih dibutuhkan kajian untuk memulai lagi aktivitas belajar-mengajar di sekolah. Salah satunya soal jumlah siswa yang boleh berada dalam satu ruang kelas.

”Kalau dilakukan jam belajar antara kelas pagi dan siang guna menghindari jumlah siswa dalam satu kelas, tentu ini juga membutuhkan kembali tambahan guru. Makanya, kita belum dapat menyimpulkan bagaimana teknisnya soal sekolah ini. Kita tentu menunggu kebijakan yang akan diterapkan dari Kementerian Pendidikan Nasional. Kita masih menunggu arahan dari pemerintah pusat terkait soal pendidikan ini. Kita akui, ada pro dan kontra di tengah masyarakat Pekanbaru soal akan dibukanya sekolah lagi,” pungkas Irba. ***

Editor:
Akham Sophian

       
        Loading...    
           
Kategori : Pekanbaru, Umum
Loading...
www www