Usai Salat Tarawih, Perangkat Desa di Bantan Bengkalis Gelar Rapat Validasi Calon Penerima BLT

Usai Salat Tarawih, Perangkat Desa di Bantan Bengkalis Gelar Rapat Validasi Calon Penerima BLT

Suasana rapat validasi pendataan dan penyaluran BLT.

Senin, 27 April 2020 18:40 WIB
Muhammad Syahlizan

BANTAN, POTRETNEWS.com — Rapat validasi calon penerima bantuan langsung tunai (BLT) dampak pandemi coronavirus desease 2019 (Covid-19) di Desa Resamlapis Kecamatan Bantan, Kabupaten Bengkalis, Riau digelar, Sabtu (24/4/2020) malam.

Menurut Kepala Desa Resamlapis, Junaidi, rapat yang digelar di aula kantor desa setempat sehabis Tarawih ini dihadiri para perangkat desa.

Rapat yang merupakan bentuk kepedulian pemerintah kepada masyarakat yang hilang mata pencaharian yang disebabkan dampak Covid-19 membahas pendataan dan penyaluran BLT dari dana desa yang diberikan kepada warga kurang mampu yang belum mendapatkan program bantuan seperti Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Nontunai (BPNT) dan Kartu Prakerja. Jumlah penenerima BLT dana desa berjumlah 106 kepala keluarga sesuai dengan kriteria ketentuan yang memenuhi 14 kriteria.

Setiap penerima BLT dana desa masing-masing akan mendapatkan 600 ribu/bulan terhitung sejak April, Mei, Juni hingga total menjadi Rp1,8 juta . Alokasi pemberian BLT dana desa dibagi dalam tiga tingkatan dengan melihat pada besarnya dana desa.

Desa yang memiliki anggaran kurang dari Rp800 juta, BLT yang dialokasikan hanya 25 persen. Kemudian, desa yang memilki anggaran Rp800 juta hingga Rp1,2 miliar mengaplikasikan BLT sebesar 30 persen dan anggaran desa di atas Rp 1,2 miliar BLT yang dialokasikan 30 persen. ”BLT yang berasal dari dana desa ini akan disalurkann pada April hingga Juni 2020," kata Junaidi.

Dia berharap dengan adanya kebijakan seperti ini bisa mengurangi beban masyarakat yang kehilangan mata pencaharian dampak pandemi virus corona ini.

Selain itu, Junaidi mengajak warganya untuk tetap mematuhi semua aturan larangan berkerumun sehingga musibah pandemi corona ini secepatnya hilang Indonesia. ***

Kategori : Bengkalis, Umum
wwwwww