Home > Berita > Dumai

Meski di Tengah Wabah Corona, Pembangunan Tol Pekanbaru-Dumai Progresnya Sudah 96 Persen

Meski di Tengah Wabah Corona, Pembangunan Tol Pekanbaru-Dumai Progresnya Sudah 96 Persen

Gerbang tol Pekanbaru-Dumai di Minas. (JAWAPOS.com)

Senin, 13 April 2020 15:41 WIB

PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Adanya wabah virus Corona tidak menyurutkan semangat untuk menuntaskan pembangunan Tol Pekanbaru-Dumai (Permai).

PT Hutama Karya (Persero) mengungkapkan progress pembangunan ruas Jalan Tol Permai telah mencapai 96 persen.

Senior Executive Vice President Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Muhammad Fauzan mengatakan sisa pembangunan yang perlu dirampungkan adalah di Seksi 5.

”Saat ini Tol Permai Seksi 5 (Duri Selatan-Duri Utara) progresnya sudah 99 persen dan hanya meninggalkan pemasangan erection girder akhir saja,” kata Fauzan, Senin (13/4/2020), dilansir dari Antara via republika.co.id.

Meski di tengah wabah Covid-19 ini, pembangunan Tol Permai tetap berjalan dan cukup progresif. ”Tol ini sudah mau selesai, jadi kita masih berkomitmen sesuai jadwal,” sebutnya.

Meskipun demikian Hutama Karya tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat buat teman-teman proyek. Tidak ada penambahan pekerja dari luar untuk kontraktor, tidak boleh ada lembur, pembagian jadwal shif pekerja proyek yang jelas, hingga pengecekan suhu tubuh di setiap pergantian shift.

Hingga Senin, progres pembangunan Tol Permai rata-rata telah mencapai 96 persen dengan pengadaan lahan yang sudah mencapai 100 persen. Pembangunan Tol Permai merupakan sinergi Hutama Karya dengan anak perusahaannya yakni PT HK Infrastruktur (HKI) selaku kontraktor dan PT HAKAASTON (HKA) selaku penyedia aspal.

Sebelumnya, Tol Permai Seksi 1 (Pekanbaru-Minas) telah dibuka secara fungsional pada musim mudik Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, dengan volume kendaraan mencapai 40.518 kendaraan golongan I (nonbus).

Selain itu, operasional jalan tol ini nantinya akan menyingkat waktu tempuh antara Kota Pekanbaru dan Dumai dari yang semula 6-7 jam menjadi 2-3 jam dengan kecepatan rata-rata 60 km/jam.

Tol Permai akan dilengkapi dengan enam terowongan untuk perlintasan gajah di dalamnya yang terletak di Seksi 2 (Sungai Tekuana) dan Seksi 4 (dekat Suaka Margasatwa Balai Raja). Terowongan perlintasan gajah ini adalah yang pertama di Indonesia.

Hutama Karya memastikan bahwa pembangunan Tol Permai tak merusak lingkungan dan ekosistem serta tidak mengganggu habitat asli gajah liar di sekitarnya.

Hadirnya Tol Permai diharapkan dapat mendorong pemerataan ekonomi di Riau hingga menjadi penghubung kegiatan ekonomi antara Sumatera dan ASEAN. ***

Berita ini telah terbit di republika.co.id dengan judul ”Konstruksi Tol Pekanbaru-Dumai Capai 96 Persen”

Editor:
A Roni

Kategori : Dumai, Pekanbaru, Umum
wwwwww