Jatah 100 Ton Beras dari Bulog untuk Pekanbaru Akan Dibagikan Gratis ke Warga yang Terdaftar di DTKS

Jatah 100 Ton Beras dari Bulog untuk Pekanbaru Akan Dibagikan Gratis ke Warga yang Terdaftar di DTKS

Ilustrasi. (TEMPO.co)

Selasa, 07 April 2020 15:34 WIB
Muhamad Maulana

PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Perusahaan Umum (Perum) Badan Urusan Logistik (Bulog) memberikan bantuan 100 ton beras ke Kota Pekanbaru.

Rencananya, jatah itu itu akan dibagikan gratis kepada warga yang terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

”Ada bantuan pemerintah pusat gratis, beras 100 ton. Nih kita lagi itung, cuma data yang dipakai adalah dari Kementerian Sosial, yang di DTKS," kata Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Pekanbaru Chairani, Ahad (5/4/2020).

Chairani mengatakan, dalam aturannya sebenarnya untuk di luar penerima Bantuan Pangan Nontunai (BPNT) dan Program Keluarga Harapan (PKH). Namun, Wali Kota Pekanbaru ingin bantuan itu dibagikan semua, baik STKS, BPNT juga PKH.

Artinya, jika hanya memakai DTKS ada sebanyak 19,523 Kepala Keluarga, dengan jumlah 82.080 jiwa yang akan mendapatkan bantuan itu.

Namun, tidak menutup kemungkinan, penerima bantuan itu akan bertambah. Sebab, Dissos saat ini masih mendata warga yang berhak menerima bantuan di tengah wabah virus Corona atau Covid-19.

”Tunggu (pembagian), nanti semuanya, kalau memang arahan pak wali dibagi, akan kita bagi. Yang jelas kita sudah mengajukan ke Bulog,” jelasnya.

Chairani menambahkan, jatah kabupaten kota se-Indonesia sama, yaitu 100 ton beras. Sedangkan provinsi mendapatkan jatah 200 ton.

”Beras saja. Inilah stimulan pemerintah untuk membantu masyarakat. Semua kabupaten kota se-Indonesia jatahnya 100 ton, provinsi 200 ton. Ketika nanti kabupaten atau kota tidak mencukupi, boleh minta ke provinsi,” pungkasnya. ***

wwwwww