Rumah Sakit Terbuka Bakal Didirikan di Pekanbaru jika Pasien dalam Pengawasan Virus Corona Terus Bertambah

Rumah Sakit Terbuka Bakal Didirikan di Pekanbaru jika Pasien dalam Pengawasan Virus Corona Terus Bertambah

Gambar hanya ilustrasi. (INTERNET)

Minggu, 22 Maret 2020 16:50 WIB
Roni

PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Pemerintah Kota Pekanbaru bakal mendirikan rumah sakit (RS) terbuka jika pasien dalam pengawasan (PDP) terkait Corona atau Covid-19 terus bertambah.

Rencana itu disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru M Amin saat penetapan status Tanggap Darurat Bencana Non-Alam akibat virus penyakit Corona (Covid-19), Ahad (22/3/2020).

”Kalau seandainya terjadi lagi lebih banyak pasien dalam pengawasan maka rencana selanjutnya adalah pembuatan RS terbuka, bisa dibuat di Lanud,” tandasnya, dilansir potretnews.com dari antaranews.com.

Rencana pemkot itu bukan tanpa alasan. Soalnya, jumlah orang dalam pengawasan (ODP) dan pasien dalam pengawasan (PDP) virus Corona atau Covid-19 terus bertambah secara signifikan di Kota Pekanbaru.

”Bertambahnya Orang Dalam Pengawasan (ODP) dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) terkait virus corona menjadi salah satu pertimbangan dalam penetapan status ini,” sebutnya.

Pada 20 Maret 2020, ucap Amin, jumlah ODP di Kota Pekanbaru sebanyak 46 orang, sementara PDP sebanyak 14 orang termasuk satu orang positif corona dan tiga orang dinyatakan sehat. Kemudian, pada 21 Maret, jumlah ODP meningkat menjadi 84,8 persen dari 46 orang menjadi 85 orang. Sedangkan PDP dari 14 menjadi 16 orang. Terjadi kenaikan 14,3 persen dan termasuk satu orang positif corona.

Menurut dia, saat ini pemerintah menyiapkan seluruh rumah sakit swasta untuk dibuatkan ruang isolasi. ”Kita bekerja sama dengan provinsi, di Pekanbaru sudah ada rujukan. Seluruh RS swasta yang ada terdapat 55 ruang isolasi,” bebernya.

Jika kasus meningkat, lanjutnya, artinya jika PDP lebih dari 50 orang, pemerintah kota menggunakan rencana selanjutnya dengan menyiapkan tiga rumah sakit utama untuk isolasi pasien, seperti di RS Petala Bumi, RSJ Tampan dan RSD Madani. ***

wwwwww