PotretNews.com Minggu 29 Maret 2020
Home >  Berita >  Inhil

Warga Riau yang Lahir pada 17 Agustus 1945 Ini Punya Nama Unik; Indonesia

Warga Riau yang Lahir pada 17 Agustus 1945 Ini Punya Nama Unik; Indonesia

Nyai Indonesia, nenek berusia 75 tahun warga Kabupaten Indragiri Hilir.

Sabtu, 21 Maret 2020 12:36 WIB

TEMBILAHAN, POTRETNEWS.com — Pujangga William Shakespeare pernah bilang: apalah arti sebuah nama. Istilah itu diambil dari cuplikan dialog dalam novel romantis Romeo dan Julliet karya tokoh besar itu.

Dalam dialog tersebut Julliet mengatakan nama tidak akan mengubah siapa dia, apalah arti sebuah nama apabila nama itu menimbulkan perselisihan.

SIMAK:

* 5 Destinasi Wisata di Denpasar yang Tidak Boleh Dilewatkan

* Ditreskrimsus Polda Riau Mulai Selidiki Dugaan Pembengkakan Anggaran Publikasi DPRD Kota Pekanbaru Rp21,5 Miliar

* Terganggu Bau Busuk dari Pabrik PT APR, Warga Pelalawan Demo

Namun, menurut sudut pandang Islam, sebuah nama adalah doa, suatu hal yang diajarkan Rasulullah dan dengan nama itulah seseorang akan dipanggil ketika hari kiamat kelak.

Di Indonesia, pemberian nama umumnya salah satu bentuk ucapan syukur dari pasangan suami istri yang dikaruniai anak. Terkadang nama yang diberikan pada anak adalah salah satu cara atau doa bagi putra atau putrinya ke depan.

Bahkan nama pada anak biasanya memiliki arti dan makna tersendiri bagi banyak orang tua. Namun berbeda dengan salah satu wanita lansia ini yang miliki nama unik sekaligus mungkin satu-satunya di tanah air.

Suasana penyaluran bantuan sosial Bantuan Program Non Tunai (BPNT) dari pemerintah pusat di Kelurahan Concong mendadak heboh karena seorang perempuan lanjut usia (Lansia), Jumat (20/3/2020) pagi.

Bukan karena membuat keributan, namun perempuan berusia 75 tahun tersebut memiliki nama yang unik sehingga menarik perhatian petugas dan masyarakat yang hadir dalam acara penyaluran bantuan tersebut.

Nama tersebut diketahui saat petugas penyalur bantuan memanggil nama Indonesia, perempuan lansia tersebut langsung mendekat dan menyodorkan kartu keluarga sejahtera miliknya kepada petugas.

Ternyata memang benar, sang ibu tersebut bernama Indonesia dan biasa dipanggil Nyai Indonesia oleh masyarakat sekitar yang mengenalnya.

Ini Kisah Kelahirannya
Nyai Indonesia mengaku lahir tepat saat Indonesia merdeka di tanggal 17 Agustus tahun 1945. Meskipun lahir dan berasal dari kota Palembang Provinsi Sumatera Selatan, Nyai Indonesia sudah seumur hidup tinggal di Lubukbakau, Kelurahan Concong Luar, Kecamatan Concong Kabupaten Inhil, Riau.

Janda 9 orang anak ini, sehari-hari hidup bersama 6 orang anaknya yang masih setia menemani sisa umurnya. ”Setelah suami meninggal, 6 orang anak masih menemani dalam menjalani kehidupanya sehari – hari,” ujar Nyai Indonesia.

Nyai pun mengucapkan terima kasih kepada pemerintah atas bantuan yang diberikan kepada masyarakat tidak mampu seperti dirinya.

”Sangat bersyukur sekali dan mengucapkan terima kasih kepada pemerintah, karena telah meringankan sedikit beban dalam memenuhi kebutuhan sehari–hari,” pungkas Nyai Indonesia singkat.

Nama Indonesia mungkin baru pertama kali digunakan sebagai nama seseorang di tanah air.

Biasanya nama-nama yang diambil dari nama pahlawan ataupun kata lain yang memiliki arti dan makna tertentu. Namun sejauh ini selama Indonesia merdeka sejak tahun 1945 silam, mungkin baru kali ini nama Indonesia digunakan sebagai nama seseorang. ***

Berita ini telah terbit di grid.id dengan judul ”WANITA 75 Tahun di Riau Bernama INDONESIA, Ini Kisah Kelahirannya”

Editor:
Akham Sophian

       
        Loading...    
           
Kategori : Inhil, Umum
Loading...
www www