PotretNews.com Sabtu 28 Maret 2020
Home >  Berita >  Umum

Harga Masker Naik Berlipat-lipat di Pekanbaru, kalaupun Ada Rp14 Ribu per Helai

Harga Masker Naik Berlipat-lipat di Pekanbaru, kalaupun Ada Rp14 Ribu per Helai

Pemberitahuan di sebuah apotek yang tidak lagi menjual masker sejak pandemi virus Corona. (LIPUTAN6.com)

Sabtu, 21 Maret 2020 20:11 WIB

PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Segelintir orang mulai mengambil keuntungan lebih dari pandemi virus Corona atau Covid-19. Salah satunya dengan menjual tinggi masker yang sulit ditemukan sejak virus ini terjadi di China.

Misalnya di Pekanbaru. Sejak awal Maret lalu, sebagian besar apotek tidak lagi menjual masker karena kehabisan stok ataupun tidak mendapat kiriman dari agen.

Kalaupun ada, harga naik berlipat-lipat. Jika biasanya satu lembar paling tinggi Rp2 ribu, saat ini hampir Rp14 ribu per helai.

Meski sulit ditemukan di sejumlah apotek, masker malah mudah dicari di sejumlah supermarket ataupun minimarket. Tentu saja harganya jauh di atas normal. Jika biasanya masker standar N-95 hanya Rp15 ribu, kini harganya sudah Rp60 ribu per lembar.

Mahalnya masker tak membuat warga mengurungkan niat membelinya. Apalagi saat ini jumlah penderita virus Corona ataupun terdapat gejalanya bertambah tiap hari. Masyarakat ingin melindungi diri walaupun pihak dinas kesehatan selalu menyatakan masker hanya untuk orang sakit.

Sikap masyarakat membeli masker ini juga sebagai antisipasi. Mana tahu ada orang yang terinfeksi ataupun terdapat gejala sengaja menularkan kepada orang sehat.

Seperti diungkapkan Wulan, mahasiswi salah satu peguruan tinggi di Pekanbaru. Dia menyebut sudah banyak menghabiskan uang membeli masker standar karena masa pakainya tidak bisa berhari-hari.

”Satu hari habis itu buang, beli lagi walau harganya Rp13,5 ribu. Kalau beli satu kotak bisa Rp400 ribu bahkan lebih, beli satu-satu saja walaupun mahal juga," sebutnya.

Wulan mengaku sudah mencari masker ke sejumlah apotek di daerah tinggalnya di Kecamatan Tampan. Hasilnya selalu nihil karena pelindung ini selalu hilang dari peredaran.

”Kalau di Supermarket tidak sesulit di apotek, lebih mudah didapat,” pungkasnya. ***

Berita ini telah terbit di liputan6.com dengan judul ”Harga Masker Meroket di Pekanbaru, Dinas Perdagangan Angkat Tangan”

Editor:
Akham Sophian

       
        Loading...    
           
Kategori : Umum, Pekanbaru
Loading...
www www