Bom Mortir Seberat 100 Kilogram Ditemukan Warga Tenayan Saat Bersihkan Lahan

Bom Mortir Seberat 100 Kilogram Ditemukan Warga Tenayan Saat Bersihkan Lahan

Bom mortir yang ditemukan warga di Tenayanraya Pekanbaru.

Jum'at, 13 Maret 2020 10:12 WIB

PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Penemuan alat militer mortir atau bom di Jalan Badak ujung, Kelurahan Melebung, Kecamatan Tenayanraya, Pekanbaru, Kamis (12/3/2020) membuat heboh warga setempat.

Kapolresta Pekanbaru, Kombes Pol Nandang Mu'min Wijaya, melalui Kapolsek Tenayanraya, Kompol M Hanafi menjelaskan, montir tersebut awalnya ditemukan oleh warga bernama Mahmud yang sedang melakukan pembersihan lahan menggunakan ekskavator di lokasi tersebut.

”Kira-kira pukul 10:30 WIB, saksi sedang bekerja di sana. Ketika membersihkan lahan dengan alat berat, tiba-tiba saksi tidak sengaja menemukan besi saat bekerja. Karena dianggap mengganggu, maka saksi memindahkan besi tersebut ke dekat jalan menggunakan ekskavator,” kata Hanafi, Kamis sore.

Setelah dipindahkan, imbuh kapolsek menerangkan, seorang rekan Mahmud mengatakan benda tersebut adalah bom. Lantas rekannya meminta agar Mahmud tidak menyentuh lagi benda tersebut. Tak lama setelah itu Mahmud dan rekannya melaporkan ke Polsek Tenayanraya.

”Dari laporan itu, kita datang ke lokasi, dan memang benar ada bom jenis mortir berwarna biru, dengan panjang 1,75 meter, berdiameter 40 centimeter, dan beratnya kira-kira 100 kilogram. Selanjutnya setelah meminta keterangan, olah TKP, dan mengamankan TKP, kami menghubungi tim penjinak bom untuk memastikan bom tersebut aktif atau tidak,” beber Hanafi. Hanafi menambahkan, dari informasi yang diterima petugas, lokasi tersebut pada tahun 1980 an, adalah tempat latihan TNI Angkatan Udara. ***

Berita ini telah terbit di goriau.com dengan judul ”Sedang Bersihkan Lahan Pakai Ekskavator, Warga Pekanbaru Temukan Bom Mortir di Tenayan Raya”

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Pekanbaru, Umum
wwwwww