Home > Berita > Riau

Ratusan Mahasiswa Umri Dikenalkan tentang QRIS

Selasa, 10 Maret 2020 17:22 WIB
Muhamad Maulana
ratusan-mahasiswa-umri-dikenalkan-tentang-qrisPQN 2020 di Universitas Muhammadiyah Riau (Umri).

PEKANBARU, POTRETNEWS.com —Ratusan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Riau (Umri) tampak antusias dan menyimak dengan seksama pemaparan Bank Indonesia (BI) tentang QR Code Indonesian Standard (QRIS).

Pengenalan QRIS ini dilakukan serentak se-Indonesia dalam rangka Pekan QRIS Nasional (PQN) 2020. ”Saya tiga hari yang lalu bertanya apa itu QRIS rupanya untuk milenial. Acara ini akan berlangsung beberapa waktu. Harapannya mahasiswa bisa mengikuti dan menangkap peluangnya," kata Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Umri, Zul Hasmi di Umri, Selasa (10/3/2020).

Dia menyadari, bahwa saat ini transaksi tidak akan lepas dengan QRIS. Jadi diharapkan mahasiswa menangkap peluangnya untuk menjadi bisnis, bisa juga penelitian. ”QRIS ini luar biasa teknologinya, transaksi pakai barcode, yang menarik bagi mahasiswa ini bisa jadi judul skripsi," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Perwakilan (Kpw) Bank Indonesia Provinsi Riau Decymus melalui Kepala Divisi Sistem Pembayaran, Pengelolaan Uang Rupiah, Layanan dan Administrasi Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Riau, Asral Mashuri mengatakan, bahwa untuk meningkatkan jumlah penggunaan QRIS baik dari sisi customer maupun merchant, BI menggelar sosialisasi dan simulasi cara penggunaan QRIS ke para pedagang, UMKM dan, mahasiswa dan masyarakat.

Di Riau, kata Asral, PQN diawali dengan pra event mulai tanggal 2-8 Maret 2020 berupa sosialisasi QRIS melalui talkshow di tv dan radio lokal. BI Riau juga melaksanakan lomba QRIS Week TikTok-an dengan tema terkait QRIS berhadiah uang jutaan rupiah, pada 3-13 Maret 2020. Caranya mudah, ikuti akun Instagram BI_RIAU, upload video Tiktok di Instagram tag @BI_RIAU. Gunakan hastag #SilePakaiQRIS dan #AyoPakeQRIS. Dalam video Tiktok minimal in frame satu orang.

”Satu akun bisa mengirim lebih dari satu video. Juara 1 mendapatkan hadiah uang tunai Rp2 juta. Juara 2 uang tunai 1,5 juta dan juara uang tunai Rp1 juta. Sile pakai QRIS. Sile ikuti lomba QRIS Week TikTok-an," sebutnya.

Selanjutnya, 9-13 Maret 2020 akan dilakukan Sosialisasi dan Edukasi QRIS di Al Ihsan Boarding School Riau, Universitas Muhammadiyah Riau (Umri), Pasar Wisata Pasar Bawah, Mal SKA dan pengurus masjid se-Pekanbaru.

Adapun acara puncak akan dilaksanakan event Fun Walk QRIS pada tanggal 15 Maret 2020 yang akan di pusatkan di area car free day, samping Pustaka Wilayah Soeman HS, Jalan Cut Nyak Dien Pekanbaru.

Event utama yang dimulai pukul 06.00 s.d 09.00 WIB ini melibatkan seluruh staksholders, pemerintah daerah, anggota dewan, perbankan, masyarakat, pelaku UMKM. BI menyiapkan t-shirt yang akan dibagikan gratis untuk 1.500 peserta. Peserta juga berkesempatan meminum secangkir kopi dengan harga hanya Rp1. ***

Kategori : Riau, Umum
wwwwww