PotretNews.com Selasa 04 Agustus 2020
Home >  Berita >  Pekanbaru

HUT ke-101 Damkar, Ini Pesan dan Apresiasi Wali Kota Pekanbaru untuk Petugas Pemadam Kebakaran

HUT ke-101 Damkar, Ini Pesan dan Apresiasi Wali Kota Pekanbaru untuk Petugas Pemadam Kebakaran

Suasana peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-101 Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat), di halaman kantor wali kota di Tenayanraya, Kamis (5/3/2020).

Jum'at, 06 Maret 2020 15:27 WIB
Muhamad Maulana

PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Seperti halnya sejumlah profesi lain, petugas pemadam kebakaran (damkar) layak dijuluki sang pahlawan tanpa tanda jasa. Pasalnya, mereka selalu siap siaga 24 jam, tak kenal waktu, tak kenal lelah, nyawa jadi taruhan dalam mematikan api.

Semua itu dilakoni sebagai pengabdian dan loyalitas demi menyelamatkan nyawa, harta, dan meminimalisir kerugian saat terjadi musibah kebakaran.

Cukup beralasan jika Wali Kota Pekanbaru, Firdaus, menyebut petugas damkar adalah pahlawan. Karena menurutnya peran damkar juga tidak kalah dengan TNI dan Polisi.

”Di dalam menjalankan tugasnya, selalu mempertaruhkan nyawa. Tentu untuk keselamatan negeri dan jiwa maupun aset-aset masyarakat dan pemerintah,” katanya, usai mengikuti Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-101 Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat), di halaman kantor wali kota di Tenayanraya, Kamis (5/3/2020).

Untuk itu, wali kota berharap ke depan petugas damkar bisa mengedepankan profesionalisme di bidang tugas-tugas yang dipercayakan. Karena tantangan ke depan semakin berat.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/15042020/potretnewscom_27xdm_1811.jpgSuasana Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-101 Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat), di halaman kantor wali kota di Tenayanraya, Kamis (5/3/2020).

”Insya Allah tahun ini Kota Pekanbaru dan kawasan Metropolitan Pekan Sikawan yaitu Pekanbaru, Siak, Kampar dan Pelalawa, akan menjadi kawasan metropolitan yang hari ini sedang diproses regulasinya di pemerintah pusat. Dari 21 kawasan metropolitan prioritas, salah satu adalah Pekan Sikawan, dan kota utamanya adalah Kota Pekanbaru,” sebut Firdaus.

Dengan pesatnya pembangun dan banyak muncul bagunan-bagunan tinggi, imbuh wali kota, maka personel damkar mesti siap mental dan harus selalu meningkatkan keterampilan.

Harapan senada disampaikan Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution yang turut menghadiri HUT Damkar. Kepada petugas damkar dia berpesan agar bisa profesional dalam menjalankan tugasnya.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/15042020/potretnewscom_hydvt_1810.jpgWakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution, Wali Kota Pekanbaru Firdaus dan sejumlah pejabat foto bersama personel pemadam kebakaran usai Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-101 Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat), di halaman kantor wali kota di Tenayanraya, Kamis (5/3/2020).

”Saya harap rekan-rekan yang terlibat langsung bisa memahami bahwa tugas ini adalah tugas yang mulia. Tugas yang sangat terhormat, sehingga kalau mendasari dengan itu, nantinya akan tumbuh suatu rasa kebanggaan dan kemudian lahir tanggung jawab,” tuturnya.

Pada bagian lain wakil gubernur mengatakan, Mendagri akan menerbitkan suatu aturan yang ke depan di (setiap) provinsi akan ada institusi kebakaran dan penyelamatan, yang selama ini hanya ada di kabupaten/kota saja.

Dengan begitu, ucap Edy Natar, ke depan akan tercipta sinergi antara tim pemadam kebakaran dan penyelamatan provinsi dengan kabupaten/kota. ***

       
        Loading...    
           
Kategori : Pekanbaru, Pemerintahan
Loading...
www www