PotretNews.com Sabtu 04 Juli 2020
Home >  Berita >  Rohul

Sindikat Pembuat SIM Palsu yang ”Bermarkas” di Kampar Terbongkar Saat Razia di Rokan Hulu

Sindikat Pembuat SIM Palsu yang ”Bermarkas” di Kampar Terbongkar Saat Razia di Rokan Hulu

Ilustrasi. (INTERNET)

Sabtu, 29 Februari 2020 13:29 WIB

PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Seandainya personel Polres Rokan Hulu Riau tak melakukan razia, mungkin sindikat pembuatan SIM palsu yang ”bermarkas” di Bangkinang, Kabupaten Kampar belum terbongkar.

Terkuaknya kasus SIM palsu berawal dari kecurigaan petugas saat menggelar razia. Ketika itu ada seorang pengemudi menunjukkan surat izin mengemudinya kepada petugas. Karena curiga kalau SIM itu tidak resmi, petugas akhirnya memeriksa sopir tersebut, termasuk asal-usul SIM.

Kasubbag Humas Polres Rohul, Ipda Feri Fadly menjelaskan, pengemudi yang merupakan warga di Rohul terjaring razia rutin satlantas, di Jalan Jalan Sultan Zainal Abidinsyah, Rabu (12/2/2020) lalu.

”Pengemudi yang berinisial M (27) itu diperiksa, lalu menunjukkan surat-surat kendaraan. Suratnya lengkap, tapi petugas melihat ada yang janggal dengan SIM yang diberikan M kepada petugas,”' terang Feri, Sabtu (29/2/2020).

Kemudian petugas memberikan SIM tersebut kepada atasannya untuk diperiksa. Hasil pemeriksaan, ternyata SIM jenis B2 umum tersebut palsu. Karena hal tersebut adalah perbuatan pidana, petugas langsung mengamankan M beserta kendaraan yang digunakannya.

”Saat diinterogasi, M mengaku mendapatkan SIM tersebut melalui kakaknya berinisial IW. Cerita M, saat itu dia hanya menyerahkan KTP dan uang tunai sebesar Rp1,5 juta tanpa harus mendatangi Satpas SIM, lalu persyaratan itu diserahkan kepada lelaki berinisial LA (37) di Pekanbaru,” sebut Feri.

Begitu mendapat informasi dari M, petugas bergerak mencari LA. Setelah ditangkap, LA mengaku memperoleh SIM palsu itu dari seseorang berinisial ES (40) di Bangkinang, Kabupaten Kampar.

”Jadi ternyata si ES inilah yang membuat SIM palsu itu, dia yang mengedit sendiri sampai SIM itu menyerupai yang aslinya. Saat ini ketiganya sudah dibawa ke Polres Rohul untuk menjalani proses hukum lebih lanjut,” pungkas Fery. ***

Berita ini telah terbit di goriau.com dengan judul ”Sindikat Pembuat SIM Palsu di Riau Dibekuk Polisi”

Editor:
Akham Sophian

       
        Loading...    
           
Kategori : Rohul, Kampar, Pekanbaru, Hukrim
Loading...
www www