PotretNews.com Sabtu 28 Maret 2020
Home >  Berita >  Dumai

Ruas Tol Pekanbaru-Dumai Dukung Terciptanya Pusat Ekonomi Baru di Sumatera

Ruas Tol Pekanbaru-Dumai Dukung Terciptanya Pusat Ekonomi Baru di Sumatera

Tol Pekanbaru–Dumai (Permai). (HUTAMAKARYA VIA CNBCINDONESIA.com)

Kamis, 20 Februari 2020 18:06 WIB

PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Adanya Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS) diproyeksikan bisa mengefisiensikan arus logistik dan menciptakan pusat ekonomi baru di Sumatera.

Ruas Pekanbaru-Dumai (Permai) sepanjang 131 km bisa mendukung Provinsi Riau menjadi Hub (penghubung) ekonomi Sumatera-ASEAN.

Setelah sukses membangun dan mengoperasikan dua ruas tol terpanjang di Indonesia yaitu ruas tol Bakauheni-Terbanggibesar (Bakter) dan ruas tol Terbanggi Besar-Pematangpanggang-Kayuagung (Terpeka), kini Hutama Karya sedang fokus pada penyelesaian ruas tol Pekanbaru-Dumai (Permai) sepanjang 131 km.

Sempat dibuka fungsional untuk seksi 1 sepanjang 9,5k m pada mudik Natal 2019 dan Tahun Baru (Nataru) 2020 kemarin, ruas tol Permai ini akan terbagi menjadi 6 seksi dan tembus hingga Dumai.

Direktur Utama Hutama Karya Bintang Perbowo mengatakan tol ini ini akan terhubung dengan berbagai kawasan produktif, sehingga dapat mendukung pertumbuhan ekonomi, mengurangi biaya logistik, dan menciptakan pusat-pusat ekonomi baru di Sumatera.

”Keberadaan tol ini juga akan mengefisiensikan arus logistik dalam kegiatan usaha. Kalau dulu lewat jalan lintas sehari bisa sekali atau paling banyak dua kali mengirim barang dari pelabuhan di Dumai ke Pekanbaru atau sebaliknya, nanti dengan adanya tol yang waktu tempuhnya lebih singkat, sehari mungkin bisa lebih dari dua kali melakukan proses perpindahan arus barang," ujar Bintang dalam siaran resminya, Kamis (20/02/2020).

Saat ini progres pembangunan ruas tol pertama di tanah melayu tersebut sudah mencapai rata-rata 90% dan hampir rampung. Sempat dibuka fungsional untuk seksi 1 sepanjang 9,5km pada mudik Nataru kemarin, ruas tol Permai ini akan terbagi menjadi 6 seksi dan tembus hingga Dumai.

Tol Permai nantinya akan dilengkapi dengan tujuh gerbang tol, enam simpang susun, dan 10 tempat istirahat dan pelayanan (TIP). Selain itu tol Permai dibuka fungsional pada musim mudik Nataru 2019 lalu, Tol Permai seksi 1 Pekanbaru-Minas telah dilintasi 40.518 kendaraan golongan I (Non Bus) dengan kondisi yang terpantau lancar, aman dan nihil kecelakaan.

Hutama Karya juga membangun terowongan gajah untuk melindungi fauna Sumatera. Underpass perlintasan gajah di ruas ini terbagi menjadi enam perlintasan yaitu yang pertama berada di Sungai Tekuana lokasinya di seksi 2 dan tidak jauh dari Pusat Latihan Gajah Minas di Kabupaten Siak yang di kawasan itu terdapat sedikitnya 13 gajah Sumatera liar.

Sementara lima perlintasan lainnya berada di Seksi 4, dekat dengan Suaka Margasatwa Balai Raja. Diperkirakan underpass tol Trans Sumatera dapat dilintasi hingga seratus ekor gajah.

Senior Executive Vice President Hutama Karya, Muhammad Fauzan mengatakan agar JTTS tetap layak dari sisi ekonomi meskipun LHR dari tol ini nantinya belum layak dari sisi bisnis. Akan tetapi Hutama Karya akan mengembangkan Value Capture dan Value Creation dari tol Permai.

”Value Capture dengan memanfaatkan kesempatan bisnis untuk menghasilkan keuntungan yang mendukung pembiayaan pembangunan JTTS selanjutnya dan Value Creation untuk melaksanakan pengusahaan JTTS agar menghasilkan manfaat semaksimal mungkin bagi masyarakat/pengguna JTTS," kata Fauzan.

Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Riau, M. Taufiq menyatakan bahwa Pemrov Riau sangat mendukung penuh proses pembangunan tol Pekanbaru - Dumai. Tol ini menurutnya akan berperan penting pada pertumbuhan ekonomi di Provinsi Riau dimana akan menjadi Hub ekonomi Sumatera- Asean.

”Dampaknya akan sangat tinggi terutama bagi para pengusaha lokal dan warga setempat, ekonomi akan tumbuh signifikan. Suka tidak suka kita harus siap dan mempersiapkan diri terhadap kondisi tersebut nantinya. Riau akan menjadi provinsi yang menjanjikan untuk investasi maupun berwisata," pugkas Taufiq. ***

Berita ini telah terbit di cnbcindonesia.com dengan judul ”Tol Permai Membuat Riau Jadi Hub Sumatera-ASEAN”

Editor:
Akham Sophian

       
        Loading...    
           
Kategori : Dumai, Pekanbaru, Umum
Loading...
www www