PotretNews.com Sabtu 28 Maret 2020
Home >  Berita >  Kuansing

Pemkab Kuantan Singingi Upayakan Dongkrak Harga Karet demi Kesejahteraan Masyarakat

Pemkab Kuantan Singingi Upayakan Dongkrak Harga Karet demi Kesejahteraan Masyarakat

Bupati Kuansing H Mursini dikalungi bunga setibanya di tempat acara.

Rabu, 19 Februari 2020 11:43 WIB
Kasmalinda

TELUKKUANTAN, POTRETNEWS.com — Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi melalui Dinas Pertanian akan mengupayakan peningkatan harga komoditas karet dibanding tahun lalu.

Menurut Bupati Kuansing H Mursini, hal itu dilakukan demi kesejahteraan masyarakat. ”Kita ingin tahun ini harga jual karet bisa meningkat,” kata dia, saat memberikan pengarahan pada Musrenbang RKPD (Musyawarah Perencanaan dan Pembangunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah) 2021 di Kantor Camat Gunungtoar, Rabu (19/02/2020).

Mursini menyebut, agar harga karet bisa mencapai di atas Rp9.000, maka pola penjualan akan dilakukan menggunakan sistem lelang. Karena kalau tidak begitu, maka harga karet akan tetap di harga Rp6.000 seperti saat ini.

Dia yakin, dengan cara lelang akan ada selisih harga yang cukup signifikan dan dapat membantu percepatan perekonomian masyarakat Kuansing.

Selain karet, bupati juga berupaya meningkatkan pendapatan warganya yang bekerja di sektor pertanian dengan cara mengubah pola tanam. Mursini menyarankan petani agar menanam 2 kali setahun agar terhindar dari musim banjir.

Bupati Mursini tak menampik bahwa sebagian dari masyarakat ekonominya belum memadai yang ditandai sulitnya membiayai sekolah anak-anak.

Pada bagian lain, Mursini mengajak warga setempat untuk memberikan konstribusi untuk membangun Kecamatan Gunungtoar, sesuai dengan Visi dan Misi Pemkab Kuansing 2016-2021 yang Unggul Sejahtera dan Agamis (Usaha).

Secara khusus, Mursini menekankan kepada Dinas Pertanian untuk segera melaksanakan sistem lelang, agar harga karet yang dulunya hanya Rp6.000 bisa mencapai Rp9.000 per kg. ***

       
        Loading...    
           
Kategori : Kuansing, Pemerintahan
Loading...
www www