Home > Berita > Riau

Antisipasi Karhutla Meluas, Gubernur Riau Kirim Surat ke BNPB Minta Bantuan Water Bombing dan Modifikasi Cuaca

Senin, 17 Februari 2020 16:50 WIB
antisipasi-karhutla-meluas-gubernur-riau-kirim-surat-ke-bnpb-minta-bantuan-iwater-bombingi-danIlustrasi. (DETIK.com)
PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Meski sebagian wilayah di Riau telah turun hujan, Gubernur Syamsuar tetap menyurati Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk mengirim helikopter water bombing dan mempersiapkan teknologi modifikasi cuaca (TMC). Pekan lalu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau menetapkan status Siaga Darurat Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) mulai 11 Februari dan berakhir 31 Oktober 2020.

Menurut Syamsuar, langkah yang diambil tersebut Syamsuar untuk mengantisipasi meluasnya karhutla di Riau. Berdasarkan data dari BPBD Riau, hingga Ahad (16/2/2020) pukul 18.00 WIB, luas lahan terbakar sudah seluas kurang lebih 287,07 hektar (ha).

”Untuk upaya antisipasi, kita sudah menyurati BNPB untuk segera mengirim helikopter water bombing dan juga melakukan teknologi modifikasi cuaca di Riau khususnya di wilayah yang rawan karhutla,” kata Syamsuar, Senin (17/2/2020).

Hasil rekapitulasi luas lahan terbakar dari 1 Januari sampai 16 Februari 2020, di kabupaten dan kota se-Riau, yakni; Kabupaten Siak seluas 98,97 ha, Bengkalis seluas 67,9 ha, Indragiri Hilir seluas 46,1 ha, Kota Dumai seluas 32,35 ha, Indragiri Hulu seluas 21,50 ha.

Kepulauan Meranti seluas 8,5 ha, Pelalawan seluas 5 ha, Kota Pekanbaru seluas 3 ha, Kampar seluas 2,5 ha, dan terakhir Rokan Hilir seluas 1,25 ha.

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Riau, Edwar Sanger saat dikonfirmasi mengungkapkan, bahwa saat ini teknologi modifikasi cuaca, helikopter water bombing dan helikopter patroli masih dalam proses menindaklanjuti surat Gubernur Riau ke BNPB.

”Untuk teknologi modifikasi cuaca memang kita minta diprioritaskan dalam waktu dekat ini mengingat potensi awan untuk teknologi tersebut masih banyak,” pungkas Edwar. ***

Kategori : Riau, Pemerintahan
wwwwww