Musrenbang RKPD Kecamatan se-Kuansing Diawali dari Hulu Kuantan; Bupati Mursini Bicara Pupuk Subsidi dan Kartu Tani

Rabu, 05 Februari 2020 19:48 WIB
Kasmalinda
musrenbang-rkpd-kecamatan-sekuansing-diawali-dari-hulu-kuantan-bupati-mursini-bicara-pupuk-subsidiBupati Kuansing Mursini (nomor dua dari kanan) menghadiri Musrenbang RKPD di Hulu Kuantan, Rabu (5/1/2020) pagi.

KUANTAN SINGINGI, POTRETNEWS.com — Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kegiatan Pembangunan Daerah (Musrenbang RKPD) Kecamatan se-Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) dimulai Rabu (5/2/2020) pagi yang diawali dari Hulu Kuantan.

Pembukaan musrenbang di kecamatan itu langsung dilakukan Bupati H Mursini. Forum itu dimaksudkan menampung usulan atau masyarakat kecamatan untuk dimasukkan ke dalam usulan program kegiatan di tahun 2021.

Dalam sambutannya, Mursini menyebut, dalam upaya meningkatkan perekonomian masyarakat, maka pada 2021 Pemda Kuansing menganggarkan bantuan pupuk subsidi untuk petani.

”Tahun depan insya Allah perekonomian para petani karet di Kuansing akan ditingkatkan melalui penjualan yang dilakukan dengan sistem lelang. Karena keuntungan karet dengan sistem lelang dengan biasa berkisar selisih antara Rp2.000-2.500, sehingga dengan cara itu perekonomian masyarakat akan meningkat,” katanya.

Pada bagian lain, Mursini mengingatkan para kepala desa agar menganggarkan dan memprioritaskan anggaran kegiatan yang meningkatkan sumberdaya manusia masyarakat desa dan meningkatkan perekonomian.

Bupati menyebut, tahun ini sebanyak 1.332 Kartu Tani akan diberikan kepada masyarakat kelompok tani di Kuansing yang secara simbolis diserahkan pada acara musrenbang. Program tersebut merupakan kerja sama antara Kementerian Pertanian RI dengan Bank Mandiri.

Sementara itu, pada forum ini, Camat Hulu Kuantan Joni SP menyampaikan usulan prioritas untuk tahun depan antara lain; pembangunan fasilitas di objek wisata Batangkoban, pengadaan mebel gedung serbaguna, pembangunan rawat inap Puskesmas Hulu Kuantan, dan pembangunan RKB SD di Desa Sumpu.

Kemudian Joni juga mengusulkan pengadaan mebel SD 008 Sumpu, pembangunan objek wisata air panas, pembangunan turap tebing Desa Sungaipinang, aspal jalan Inuman, aspal jalan Kotokombu-Saik, pembangunan turap tebing Sampurago, dan akses jalan ke objek air panas.

Kehadiran bupati di acara itu bersama pimpinan dewan dan perangkatnya di pemkab. Mereka yakni; Wakil Ketua II DPRD Kuansing Jufrizal, Staf Ahli Bupati Kuansing Ramli, Asisten III Setda Agus Mandar, dua anggota DPRD; Satria Mandala Putra dan Hamzah Halim, para kepala OPD, kabag, para kabid, dan kasi di lingkungan pemkab setempat. ***

wwwwww