PotretNews.com Senin 24 Februari 2020
Home >  Berita >  Pekanbaru

Sri Rahayu Penderita Kanker Tiroid di Pekanbaru Dirujuk ke RS Hasan Sadikin, Penanganan Medis Dilakukan dengan Ablasi

Sri Rahayu Penderita Kanker Tiroid di Pekanbaru Dirujuk ke RS Hasan Sadikin, Penanganan Medis Dilakukan dengan Ablasi

Sri Rahayu (tengah) bersama kerabatnya. (DETIK.com)

Sabtu, 18 Januari 2020 11:20 WIB

PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Warga Pekanbaru yang mengidap kanker di kepalanya, Sri Rahayu (34), kini dirujuk ke RS Hasan Sadikin, Bandung. Penanganan terhadap Sri Rahayu dilakukan dengan ablasi.

”Sesuai arahan pak gubernur, pasien Sri Rahayu sudah datang kontrol dan diperiksa kembali secara lengkap oleh dokter spesialis bedah konsultan kanker di RSUD Arifin Achmad. Termasuk pemeriksaan USG, CT Scan, dan pemeriksaan penunjang lainnya sesuai keperluan," kata Direktur RSUD Arifin Achmad (AA) dr Nuzelly Husnedi, Sabtu (18/1/2020).

Nuzelly menjelaskan, Sri Rahayu sudah diperiksa dr Effif Syofra Tripriadi dari pihak RSUD Arifin Achmad. Hasilnya, penyakit yang diderita Sri Rahayu asalnya adalah kanker tiroid stadium 4 yang sudah metastase ke tulang kepala dan menekan daerah sekitarnya termasuk jaringan otak.

”Kelenjar tiroid sebagai asal kanker tersebut sudah dioperasi beberapa waktu yang lalu, sedangkan metastase kanker yang tumbuh di kepala sangat berisiko kalau dilakukan operasi," kata Nuzelly.

Karena itu penanganan medis dilakukan dengan ablasi. Pelayanan ini belum ada di RSUD Arifin Achmad maupun di RS wilayah Sumatera.

”Untuk itu pasien dirujuk ke RS Hasan Sadikin Bandung yang sudah pempunyai fasilitas pelayanan radio isotop sekaligus rumah sakit tempat pendidikan dokter spesialis kedokteran nuklir. Semua surat-surat berkas rujukannya sudah selesai dan selanjutnya keberangkatan pasien difasilitasi Pemprov Riau melalui Dinas Kesehatan,” pungkas Nuzelly. ***

Berita ini telah terbit di detik.com dengan judul ”Sri Rahayu Pengidap Kanker Kini Dirujuk ke RS Sadikin”

Editor:
Akham Sophian

       
        Loading...    
           
Kategori : Pekanbaru, Umum
Loading...
www www