Home > Berita > Riau

KSPM Umri Gelar Kompetisi Stocklab

Jum'at, 17 Januari 2020 09:26 WIB
Muhamad Maulana
kspm-umri-gelar-kompetisi-stocklabFoto bersama usai kompetisi.

PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Dalam rangka memperkenalkan cara kerja pasar modal kepada mahasiswa, Kelompok Studi Pasar Modal (KSPM) Universitas Muhammadiyah Riau (Umri) telah mengadakan kompetisi permainan saham Stocklab 2020.

Stocklab merupakan alat untuk mengedukasi seseorang dalam berinvestasi di pasar modal khususnya investasi saham dan reksadana.

Stocklab sendiri diciptakan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan tujuan bukan hanya sekedar memperdalam ilmu investasi tapi menanamkan teknikal investasi di psikologis pemainnya.

Dengan stocklab kita bisa tau potensi diri kita jika menjadi seorang investor, termasuk investor jangka pendek dengan menjadi trader aktif ataupun investasi jangka panjang dengan menggunaan reksadana. Stocklab juga saat ini menjadi salah satu yang dilombakan pada saat invesment festival di SMA Atas maupun perguruan tinggi di Indonesia.

Game Stocklab pada dasarnya merupakan salah satu program dari OJK yang berguna untuk meningkatkan edukasi pasar modal kemasyarakat umum. Di kalangan investor muda, game Stocklab sangat popular.

Kompetisi Stoklab kali ini diikuti mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Umri yang menjalani mata kuliah yang berkaitan dengan investasi dan pasar modal. Dengan adanya kompetisi Stocklab diharapkan dapat membantu mahasiswa yang mengikuti kegiatannya dalam teknik menjadi trader di pasar modal dan teknik menjadi investor jangka panjang yang baik dan benar dengan game simulasi Stocklab.

Kompetisi Stocklab pada periode lalu menargetkan mahasiswa Akuntansi yang sedang mengikuti Mata Kuliah ”Manajemen Investasi Dan Pasar Modal” untuk menjadi peserta dari kompetisi game pasar modal ini, dan pada periode sekarang KSPM memperluas target peserta kompetisi Stocklab menjadi Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis yang sedang menjalani Mata Kuliah ”Manajemen Invetasi dan Pasar Modal” dan Mata Kuliah ”Konsentrasi Manajemen Keuangan”.

Kegiatan yang berlangsung Sabtu (11/1/2020) dihadiri oleh dekan fakultas ekonomi dan bisnis bapak Zul Azmi SE MSi Ak CA. Dia mengharapkan KSPM tetap melaksanakan kegiatan ini menjadi program tahunan dan memperluas cakupan peserta agar mahasiswa di Umri paham terkait pasar modal dengan media Stocklab.

Muhammad Ahyaruddin SE MSc Ak selaku selaku Pembina KSPM Umri dengan mengatakan, tujuan diselenggarakannya kompetisi Stocklab untuk mengenalkan investasi saham kepada mahasiswa karena di dalam game ini terdapat fase-fase yang terjadi dalam dunia saham.

”Ini adalah langkah awal yang baik dalam mengetahui seluk beluk saham. Tentu saja, harapan kami adalah para peserta tidak berhenti menjadi sekedar pemain game, tetapi bisa mempraktikkannya secara langsung dengan berinvestasi di pasar modal yang sebenarnya,” paparnya.

Sebagaimana dikutip dari laman resminya di stocklab.co.id, Stocklab merupakan permainan kartu yang dibuat oleh OJK yang bisa digunakan tidak hanya untuk bermain tetapi juga untuk mengedukasi orang yang masih awam terhadap dunia investasi pasar modal.

Dengan permainan ini juga bisa terlihat apakah seseorang lebih cocok menjadi seorang investor atau trader/pedagang. Setiap pemain berlomba-lomba mengumpulkan asset dengan berinvestasi di beberapa sektor saham dan reksadana. Pemain dengan uang terbanyak di akhir permainanlah yang dinyatakan sebagai pemenang. Setelah melalui babak I, II, dan final menyisihkan puluhan peserta, keluar sebagai juara I Siti Permata Dewi dari Jurusan Akuntansi dengan kekayaan 66 koin. ***

Kategori : Riau, Umum
wwwwww