Home > Berita > Riau

Awalnya Bergaji Rp400 Ribu, Ini Sosok Penjaga Kamar Mayat RSUD Arifin Achmad Riau yang Terampil Menjahit Organ Manusia

Awalnya Bergaji Rp400 Ribu, Ini Sosok Penjaga Kamar Mayat RSUD Arifin Achmad Riau yang Terampil Menjahit Organ Manusia

Sulaiman masih betah menjadi penjaga kamar mayat (OKEZONE.com)

Sabtu, 11 Januari 2020 11:42 WIB

PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Lelaki ini terlihat santai saat menerima ”tamu” yang baru masuk. Setelah didata, ”tamu” itu dibawa ke ruang pendingin.

Dia adalah Sulaiman, penjaga kamar mayat Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Achmad Provinsi Riau di Pekanbaru.

Saban hari, pria berusia 34 tahun ini selalu selalu mengurusi jenazah. Dari mayat yang utuh, penuh luka, tidak utuh, sampai ada yang tidak bisa dikenali sama sekali. Pria berkacama mata ini mengaku tidak pernah merasa ngeri dan takut.

”Itu sudah menjadi rutinitas sama selama 15 tahun ini,” kata Sulaiman mengawali percakapannya. Bagi orang kebanyakan, tentu pekerjaan yang dilokoni Sulaiman tidak mudah dan menakutkan.

Selain harus memiliki mental yang kuat, juga dibutuhkan keahlian untuk mengurus jenazah. Ini belum lagi aroma yang ada berasal dari jenazah.

Tidak sekedar mengurus, Sulaiman juga dituntut untuk menjaga mayat mayat, sampai ada kepastian ada pihak yang mengambilnya. Malam hari, bersama mayat tentu hal yang sering di lakoninya untuk mengurus mayat.

Kadang berdua, kadang pernah seorang diri menjaga mayat. Bunyi suara aneh ”aneh-aneh” di sekitar kamar mayat baginya bukanlah hal yang menakutkan. Namun pria yang dikarunia dua orang menyatakan anak tidak pernah berjumpa dengan hantu.

”Sebenarnya hal mistis itu datangnya dari pribadi masing masing. Kalau kita takut mungkin hal mistis itu ada. Walau kita akui memang ada alam gaib. Tapi sejauh ini saya tidak pernah berjumpa dengan hantu. Saya tidak pernah merasa takut dan semua yang saya kerjakan merupakan bentuk tanggungjawab dengan pekerjaan kita saja. Jadi biasa saja," ucapnya dengan santai.

Dia mengatakan, bahwa proses pengurusan jenazah yang masuk ke kamar mayat RSUD Arifin Achmad adalah pihak keluarga ataupun penanggungjawab harus mengisi mengenai jenazah.

Apakah dari pasien yang sebelumnya dirawat, atau dari korban kecelakaan lalu lintas, kecelakaan kerja, bunuh diri, korban pembunuhan dan lainya.

”Kalau kematian biasa, jenazah akan langsung dibawa ke peti pendingin menunggu keluarga datang. Tapi kalau yang ada kasus, misalnnya pembunuhan ada permintaan autopsi ya kita lakukan pembedahan mayat. Jadi mayat dimasukkan ke ruang khusus," kata pria tamatan SMU itu.

Selain itu, petugas kamar mayat juga diwajibkan bisa menyatukan jenazah yang kondisi organ tubuhnya terpisah-pisah saat diantar ke kamar mayat.

”Banyak kita jumpai mayat dengan kondisi organ tubuh terpisah. Jadi kita harus bisa menyatukan satu persatu organ tubuh mayat, kita jahit. Teknik awal menyatukan tubuh yang terpisah itu dipelajari saat pertama kita diterima di bagian kamar mayat ini. Jadi memang harus bisa, karena itu bentuk dari tanggung jawab. Jadi itulah rutinitas kita,” imbuh pria warga Airhitam Pekanbaru.

Banyak hal suka duka yang dia alami selama bertugas di bagian kamar mayat. Namun dia mengaku senang bisa bekerja mengabdi mengurus jenazah yang kadang tidak diketahui siapa keluarganya. Kadang sampai satu bulan tidak kunjung diambil jenazah.

”Ya biasalah, kadang ada keluarga yang marah marah, padahal ya memang ada proses adminstrasi. Kalau adminstrasi khusus di kamar mayat cukup cepat, tapi kadang dari pihak lain ada yang lama. Tapi kita harus sabar. Kita tetap mengedepankan pelayanan," ucapnya.

Untuk bertugas menjadi kamar mayat, banyak suka duka yang dialami. Namun Sulaiman mengaku menjalankan kewajibannya dengan ikhlas. Penjaga kamar mayat di RSUD Arifin Achmad ada enam orang.

”Saya masuk tahun 2004. Gaji awal saya Rp 400 ribu. Itu tentunya pas-pasan untuk hidup waktu itu. Tapi alhamdulillah tahun 2010, saya diangkat menjadi PNS," ucap pria yang sekarang golongan II. ***

Berita ini telah terbit di okezone.com dengan judul "Sulaiman, Penjaga Kamar Mayat yang Ahli Menjahit Organ Manusia"

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Riau, Pekanbaru, Umum
wwwwww