PotretNews.com Senin 27 Januari 2020
Home >  Berita >  Umum

Saat Kapolres Simalungun Jadikan Para Veteran sebagai ”Raja” di Hari Pahlawan

Saat Kapolres Simalungun Jadikan Para Veteran sebagai ”Raja” di Hari Pahlawan

Kapolres Simalungun AKBP Heribertus Ompusunggu SIK MSi menjemput langsung veteran untuk mengikuti Upacara Peringatan Hari Pahlawan, Minggu (10/11/2019). (ISTIMEWA)

Senin, 11 November 2019 13:21 WIB
Akham Sophian

SIMALUNGUN, POTRETNEWS.com - Ada yang berbeda dan menarik dalam peringatan Hari Pahlawan ke-74 kali ini di Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara.

Dengan membawa sejumlah pejabat di jajarannya, Kapolres Simalungun AKBP Heribertus Ompusunggu SIK MSi, mendatangi kediaman para veteran di daerah itu.

Selain untuk mengucapkan selamat Hari Pahlawan, mantan Kapolres Siantar ini menjemput langsung para veteran untuk hadir pada Upacara Peringatan Hari Pahlawan di Lapangan Kantor Bupati Pematang Raya Kabupaten Simalungun, Minggu (10/11/2019).

Saat tiba dan bertemu dengan para veteran di rumah mereka, dengan semangat kapolres memberikan hormat yang kemudian diikuti seluruh anggotanya.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/11112019/potretnewscom_rujtg_1715.jpgKapolres Simalungun AKBP Heribertus Ompusunggu SIK MSi (kiri) menjemput langsung veteran untuk mengikuti Upacara Peringatan Hari Pahlawan, Minggu (10/11/2019). (ISTIMEWA)

Selain menyiapkan mobil khusus, para veteran ini juga dibawa langsung menggunakan mobil dinas kapolres. Perlakuan istimewa ini sengaja dilakukan AKBP Heri, panggilan akrab Kapolres Simalungun, sebagai bentuk penghargaan tertinggi bagi para pahlawan dan veteran yang telah ikut berjuang mempertaruhkan jiwa raga demi Negara Kesatuan Republik Indonesia.

”Hari ini adalah hari para pahlawan dan pejuang bangsa ini, bagi mereka yang telah gugur. Kita akan berikan penghormatan untuk mengenang jasa-jasa mereka serta mendoakan agar mendapat tempat terbaik di sisi-Nya. Sementara beliau-beliau (veteran) yang masih hidup, hari ini saya ingin menjadikan mereka sebagai ’raja’,” tutur kapolres.

Upacara dimulai pukul 08:00 WIB, ditandai dengan masuknya Sekdakab Simalungun Drs Gideon Purba mewakili bupati dan Kapolres Simalungun ke lapangan upacara.

Kegiatan upacara ini bertujuan untuk mengenang pertempuran 10 November 1945 di Surabaya, serta seluruh daerah nusantara dalam mempertahankan Repulik Indonesia.

Dengan suasana khidmat dan hening, dinyanyikan lagu-lagu perjuangan yang diakhiri dengan mengheningkan cipta dipimpin Sekdakab Simalungun Drs Gideon Purba yang bertindak selaku inspektur upacara.

Bertindak selaku komandan upacara Kapolsek Panei Tongah Iptu Juni, yang terlebih dahulu memimpin penghormatan bagi arwah para pahlawan.

Selepas upacara, sekda yang didampingi oleh Kapolres Simalungun meninggalkan tempat upacara dan langsung menuju tempat duduk perwakilan pejuang/veteran (yang diundang serta dijemput sebelumnya untuk mengikuti upacara, red). Kepada pada veteran, diberikan tali asih sebagai tanda penghargaan.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/11112019/potretnewscom_3mqrj_1716.jpgSekdakab Simalungun Drs Gideon Purba (pakai batik) dan Kapolres Simalungun AKBP Heribertus Ompusunggu SIK MSi foto bersama dengan veteran usai Upacara Peringatan Hari Pahlawan, Minggu (10/11/2019). (ISTIMEWA)

Sebelumnya, kapolres mengatakan bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawan yang telah berjuang merebut dan mempertahankan kemerdekaan.

”Menjadi kewajiban kita bahwa sebagai penerus untuk senantiasa mengisi kemerdekaan yang telah diperjuangkan oleh para pahlawan, terutama memperjuangkan dan memberantas kemiskinan, kebodohan, keterbelakangan, kesenjangan, dan yang lainnya. Karena ini semua belum seberapa dibandingkan perjuangan para pejuang sebelumnya,” ucap kapolres.

Pada kesempatan itu pula kapolres menyempatkan bersenda gurau dengan pejuang termasuk dengan seorang pejuang bermarga Purba yang sudah berusia 97 tahun. Sang pejuang ini pada kesempatan itu menyanyikan lagu perjuangan dengan menggunakan bahasa Jepang dan bahasa Belanda.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/11112019/potretnewscom_rxheg_1717.jpgKapolres Simalungun AKBP Heribertus Ompusunggu SIK MSi foto bersama dengan veteran usai Upacara Peringatan Hari Pahlawan, Minggu (10/11/2019). (ISTIMEWA)

Purba, mengaku terharu saat melihat kapolres beserta rombongan datang ke rumahnya. Menurut dia, seumur hidup, baru kali ini dirinya mendapat kehormatan dijemput langsunhg oleh seorang pemimpin untuk mengikuti upacara di Hari Pahlawan.

”Mau nangis aku tadi lihat pak Kapolres dan anggotanya datang ke rumah. Dijemputnya aku pakai mobilnya. Biasanya pun kalau kami diundang upacara, ya datang sendiri,” tutur Purba dengan mata berkaca-kaca.

Usai upacara, kapolres juga mengajak pejuang/veteran minum kopi ke Hotel Simalungun City di Pematang Raya sambil mendengarkan kisah-kisah perjuangan tempo dulu yang pernah mereka alami langsung.

Upacara Peringatan Hari Pahlawan 10 November dihadiri antara lain oleh PJU Polres Simalungun, kapolsek sejajaran, PJU Kodim 0207 Simalungun, para OPD Pemkab Simalungun, seluruh camat se-Kabupaten Simalungun, bintara Polres Simalungun, prajurit Kodim 0207 Simalungun, dan ASN Pemkab Simalungun. ***

       
        Loading...    
           
Kategori : Umum
Loading...
www www