Pengendara Terjaring Razia di Pekanbaru Disuruh Ucapkan Sumpah Pemuda, tapi Banyak yang Tak Hafal

Pengendara Terjaring Razia di Pekanbaru Disuruh Ucapkan Sumpah Pemuda, tapi Banyak yang Tak Hafal

Gambar hanya ilustrasi. (DETIK.com)

Senin, 28 Oktober 2019 16:10 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Sejumlah pengendara roda dua terjaring razia zebra 2019 di Pekanbaru, Riau. Para pengendara yang terjaring razia itu diminta membacakan naskah Sumpah Pemuda. ”Banyak tadi yang kena razia dalam Operasi Zebra di kawasan Jalan Sudirman, Pekanbaru. Mereka kita kumpulkan untuk diberi edukasi," kata Kasat Lantas Polresta Pekanbaru, AKP Emil Putra, Senin (28/10/2019).

Emil menjelaskan mereka yang terjaring Razia Zebra dikumpulkan di pos yang ada. Di sana, para pelaku pelanggaran lalu lintas diberikan edukasi disuruh menonton video kecelakaan yang merenggut nyawa.

”Jadi kita berikan gambaran itu, semoga mereka sadar akan pentingnya mentaati rambu-rambu lalu lintas dan kelengkapan berkendaraan," ucap Emil.

Selain menonton video kecelakaan, menurut Emil, mereka juga mendapat tausiah dari ustaz yang dihadirikan pihak kepolisian. Bagi yang beragama nasrani juga mendapat nasihat dari pendeta.

Bagi yang masih lajang, katanya, dapat tambahan diminta bersama-sama untuk mengucapkan Sumpah Pemuda. Ini dilakukan sehubungan memperingati hari Sumpah Pemuda. ”Mereka banyak yang tak hapal isi sumpah pemuda. Sehingga mereka kita berikan salinan isi Sumpah Pemuda. Mereka kita suruh mengucapkan Sumpah Pemuda bersama," kata Emil.

Selain diberi edukasi, para pelanggar lalu lintas tetap ditilang. Dia mengatakan hal itu agar warga patuh peraturan lalu lintas. ”Ya tetap ditilang juga. Agar mereka ke depannya dapat mematuhi aturan berlalu lintas,” imbuh Emil.

Selain kendaraan roda empat dan dua, pihak Satlantas Polresta Pekanbaru juga menjaring truk yang melintas di tengah kota. Truk, katanya, dilarang masuk kota. ”Truk yang melintas tengah kota banyak yang kita tilang. Seharusnya kendaraan berat itu tidak melintasi jalan tengah kota, harus lewat ring road,” pungkas Emil. ***

Berita ini telah tayang di detik.com dengan judul "Kena Razia, Pengendara di Riau Diminta Baca Sumpah Pemuda-Dengar Tausiah"

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Hukrim, Pekanbaru
wwwwww