Selamatkan Literasi Remaja, Dosen Unilak Sosialisasi Penggunaan Kamus Herlin Tx-Tn ke Sejumlah SMA

Selamatkan Literasi Remaja, Dosen Unilak Sosialisasi Penggunaan Kamus <i>Herlin Tx-Tn</i> ke Sejumlah SMA

Pelajar SMA foto usai mengikuti sosialisasi. (ISTIMEWA/FADHLY F ABBAS)

Rabu, 23 Oktober 2019 09:12 WIB
Akham Sophian

PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Tiga dosen dari dari Universitas Lancang Kuning (Unilak), melakukan sosialisasi penggunaan kamus Herlin Tx-Tn di sejumlah sekolah menengah atas (SMA) sekitar Kota Pekanbaru, Kamis (15/8/2019) lalu.

Menurut Dr Herlinawati MEd, sosialisasi ini merupakan salah satu bentuk luaran penelitian analisis penggunaan bahasa Inggris gaul (English Texting) dalam komunikasi tulis dan lisan.

Dalam keterangan tertulis kepada potretnews.com Selasa (22/10/2019) dikatakan, penggunaan sosial media untuk berkomunikasi sudah mendarah daging pada hampir seluruh warga Negara Indonesia, apalagi pada anak-anak remaja. Komunikasi lewat sosial media 99 persen menyingkat bahasa, memplesetkan frasa, dan merajajelakan akronim.

Dia tak menampik penggunaan bahasa gaul ini sangat populer karena memotong waktu dan biaya untuk setiap pengiriman pesan melalui sosial media.

Namun, orang-orang sudah lama berpendapat bahwa hal tersebut mengancam kemampuan remaja dalam berbahasa yang baik dan benar. Kebiasaan menyingkat setiap waktu telah mulai merusak literasi bahasa lisan dan tulisan anak-anak remaja.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/23102019/potretnewscom_rrqdr_1709.jpg”Screenshot” aplikasi kamus ”Herlin Tx-Tn”. (ISTIMEWA/TATUM DERIN)

Melihat hal ini, imbuh dia Herlinawati, dosen-dosen dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unilak menginisasi penelitian dan kegiatan untuk menyelamatkan literasi anak-anak remaja dengan menganalisis penggunaan bahasa Inggris gaul anak-anak remaja untuk mengatasi masalah menurunnya kemampuan literasi mereka.

Sosialisasi diketuai oleh Dr Herlinawati MEd dengan anggota-anggota; Dahler MPd, dan M Fadhly Farhy Abbas MPd, beserta seorang dosen dari Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom) Bayu Febriadi MKom. Tim pengabdi ini menghasilkan kamus aplikasi virtual keyboard bagi pengguna Android minimal OS 5.0 yang bernama Herlin Tx-Tn.

”Pendapat ini sudah lama berada di kalangan masyarakat, tetapi belum bisa teratasi hingga mungkin sekarang,” ucap Herlinawati, sebagai ketua kegiatan penelitian Analisis Penggunaan Bahasa Inggris Gaul/Singkatan (English Texting) dalam Komunikasi Tulis Dan Lisan yang telah berlangsung sejak Februari hingga September 2019.

Herlinawati mengungkapkan, dirinya sudah lama meneliti tentang penggunaan bahasa texting, dan dia mengeluarkan produk yaitu aplikasi kamus Herlin Tx-Tn yang bisa menyelamatkan kemampauan literasi anak-anak remaja.

Sekadar diketahui, Herlin Tx-Tn merupakan aplikasi kamus yang memberikan sugesti ejaan yang benar dari singkatan yang populer digunakan. ***

Kategori : Pekanbaru, Umum
wwwwww