ITTR, Lembaga Kursus Bahasa Inggris Pertama di Pekanbaru Tetap Eksis sejak 1960

ITTR, Lembaga Kursus Bahasa Inggris Pertama di Pekanbaru Tetap Eksis sejak 1960

Gedung ITTR di Jalan Teratai Kelurahan PulauKaram Kecamatan Sukajadi Pekanbaru (dekat Pasar Kodim). (POTRETNEWS.com/RIADY S)

Jum'at, 23 Agustus 2019 19:40 WIB
Riady S

PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Bicara ITTR, ingatan seperti dibawa ke masa lalu. Keberadaan salah satu ikon kursus Bahasa Inggris di Pekanbaru ini tak lekang oleh waktu dan tak terlupakan oleh zaman serta siswa.

ITTR (Inggris Teknik Telegram Radio) International English Course, memang kursus Bahasa Inggris pertama di Ibu Kota Provinsi Riau ini.

Bak buah kelapa yang semakin tua semakin bersantan, ITTR tetap eksis dan diminati pelajar. Pimpinan ITTR, Shelby Riani Altinia, bercerita, lembaga ini didirikan Yulier Djonni pada 1960. Menurutnya, sang kakek yang berasal dari Bukittinggi, Sumatera Barat, fasih berbahasa Belanda dan Inggris.

”Beliau ini seorang veteran yang suka belajar otodidak. Selain menguasai dua bahasa asing, dulunya beliau ini (juga) seorang montir. Tak lama setelah itu, beliau mendirikan ITTR karena sekaligus untuk mengasah kemampuannya berbahasa Inggris,” tutur, Shelby, dalam sebuah perbincangan khusus dengan potretnews.com di Kantor Cabang ITTR Panam, Jalan Melati Indah Kelurahan Delima, Kecamatan Tampan, Pekanbaru, Senin (19/8/2019) lalu.

Dulunya, kata wanita berusia 25 tahun ini, ITTR menjadi tempat ”rujukan” bagi warga yang ingin melamar kerja ke perusahaan asing seperti Caltex Pasific indonesia (sekarang Chevron Pacific Indonesia, red).

Gedung utama ITTR English International Course yang berlokasi di Jalan Teratai Kelurahan PulauKaram Kecamatan Sukajadi Pekanbaru (dekat Pasar Kodim, red) tetap berdiri kokoh meskipun sudah 59 tahun berdiri.

Walau masih muda, Shelby tetap semangat meneruskan usaha turun-temurun milik kakek yang wafat pada tahun 2000. Buktinya, dia berhasil membuka kantor cabang di Jalan Melati Indah dan saat ini jumlah muridnya sebanyak 200 orang.

Sebagai lembaga kursus pertama di Pekanbaru, dia menyebut ITTR sudah mencetak alumni yang mampu bersaing di dunia kerja dan umumnya sukses di bidang masing-masing. Salah satu sosok yang pernah menimba ilmu di ITTR, menurut dia, adalah Septina Primawati yang kini menjabat Ketua DPRD Riau.

”Metode yang dipakai di ITTR ini tidak pernah berubah dari dulu. Dan, kami tetap mempertahankannya hingga kini. Kami mengajarkan kepada murid secara step by step agar kemampuan mereka lebih terasah dalam berbahasa Inggris," sebut Shelby.

Pada bagian lain dia mengatakan, tarif kursus Bahasa Inggris di ITTR ini cukup bervariasi dan tergantung dengan level yang akan dipelajari.

Misalnya; elementary (dasar) 1 dan 2 untuk per semesternya Rp 3.000.000, level intermediate (lanjutan) per semester Rp3.200.000, dan untuk level advanced (utama) sebesar Rp3.400.000 untuk per semesternya. Sementara, untuk privat biayanya sebesar Rp4.030.000 untuk per semester.

”Sekarang ITTR juga menawarkan promo dengan cash back sebesar lima ratus ribu rupiah di setiap level pembelajaran yang akan diikuti,” ujarnya. ***

Kategori : Pekanbaru, Umum
wwwwww