Asap akibat Kebakaran Hutan dan Lahan di Riau Berpotensi Mengarah ke Malaysia dan Singapura

Asap akibat Kebakaran Hutan dan Lahan di Riau Berpotensi Mengarah ke Malaysia dan Singapura

Asap terlihat membumbung tinggi akibat terbakarnya hutan di Rantau, kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan, Minggu (28/7). Jarak lokasi dan susahnya akses menuju tempat kebakaran hutan dan lahan mengakibatkan petugas sulit untuk memadamkan kebakaran hutan

Senin, 29 Juli 2019 14:33 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS - Kebakaran Hutan dan Lahan di Provinsi Riau hingga saat ini belum sampai terjadi. Namun, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengatakan, kabut asap bisa mengarah ke dua negara tetangga, Malaysia dan Singapura. Kasie Data dan Informasi BMKG Pekanbaru, Marzuki mengatakan, berdasarkan arah mata angin di Riau, bahwa saat ini bergerak dari arah tengga menuju barat daya. Kemudian ada pembelokan ke arah garis equator ke arah timur laut.

”Dari bulan Juli hingga Oktober 2019 arah angin mengarah ke dua negara tetangga. Artinya juga terjadi kabut asap di Riau akan mengarah ke Malaysia dan Singapura," ucap Marzuki, di Posko Penanggulaangan Kebakaran Hutan dan Lahan, Riau (29/7/2019).

Namun dia menegaskan, berdasarkan analisa, jika terjadi kabut di Riau, negara yang paling terdapak adalah Malaysia melalui Selat Malaka. ”Kalau ke negara ada potensinya, tapi tidak terlalu,” sambungnya.

Dia mengatakan, saat ini Riau masih dalam musim kemarau panjang. Musim kering terjadi sejak awal Juli dan diperkirakan sampai bulan September. Kebakaran hutan dan lahan perlu terus diwaspadai selama tiga bulan ini karena musim penghujan baru akan terjadi pada bulan Oktober 2019. Dalam beberapa hari ini sejumlah wilayah di Riau sudah melalui diselimuti asap. Namun asap tidak separah pada tahun 2014 dan 2015.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, Edwar Sanger mengatakan saat ini ada dua wilayah yang menjadi konsentrasi tim gabungan yakni Kabupaten Siak dan Kabupaten Pelalawan. Kebakaran ada di beberapa titik.

”Tim Satgas Udara dan Satgas Darat terus melakukan upaya pemadaman di dua daerah tersebut," ucap Edwar yang juga Wakil Komandan Satgas Karhutla Riau. ***

Berita ini telah tayang di okezone.com dengan judul "Kebakaran Hutan, Riau Berpotensi Kirim Asap ke Malaysia dan Singapura"

Editor:
Akham Sophian
Kategori : Lingkungan, Riau
wwwwww