PotretNews.com Senin 14 Oktober 2019
Home > Berita > Riau

Jelang Sepekan, 30 Hektar Lahan Gambut yang Terbakar di Kotogasib Siak Belum Padam

Jelang Sepekan, 30 Hektar Lahan Gambut yang Terbakar di Kotogasib Siak Belum Padam

Petugas tengah memadamkan api.

Jum'at, 26 Juli 2019 16:13 WIB
Sahril Ramadana
SIAK, POTRETNEWS.com  - Seluas 30 hektar lahan gambut yang terbakar di Kampung Srigemilang, Kecamatan Kotogasib, Siak, Riau, belum padam. Hingga kini, satgas gabungan masih lakukan pendinginan."Di hari ketujuh ini kegiatan pendinginan masih dilakukan tim petugas pemadam kebakaran Badan Penanggulangan Bencana Daerah klaster Kotogasib dan Siak bersama Manggala Agni," kata Kepala BPBD Siak, Syafrijal, Jumat (26/7/2019).

Pendinginan, lanjutnya dibantu TNI/Polri dan Masyarakat Peduli Api setempat. Secara keseluruhan lebih kurang sudah 30 hektare yang terbakar sebagian besar di lokasi PT Wahana Subur Sawit Indah (WSSI).

Petugas Manggala Agni di lapangan, Ezwin Eko Sutarma mengatakan lahan yang terbakar adalah tanah gambut yang cukup dalam. Kedalamannya itu mencapai tiga sampai empat meter sehingga harus benar-benar dipadamkan sampai bawah tanah.

Ads
Untuk melakukan pemadaman lanjutnya kendala utama yakni air. Pasalnya embung yang sangat kecil sehingga satu kali sedot sudah habis. Akibatnya petugas harus bekerja pindah-pindah mencari sumber air kira-kira sehari tiga kali.

"Personel Manggala Agni 10 orang menggunakan dua mesin, satu mesin max dan dua memakai ministriker," ujarnya.

Akibat kebakaran itu, kondisi di Siak pada Kamis pagi (25/06) lalu sempat kabut meskipun belum dipastikan apakah itu kabut asap. Sementara di Pekanbaru warga ada yang melihat kondisi udara yang berkabut. ***

       
        Loading...    
           
Kategori : Riau, Siak, Umum, Peristiwa
       
        Loading...    
           
wwwwww