Home > Berita > Riau

Ramadan, Harga Bawang Putih di Pasar Belantik Siak Mulai Merangkak Naik

Ramadan, Harga Bawang Putih di Pasar Belantik Siak Mulai Merangkak Naik

Kepala Disperindag saat melakukan pengecekan di Pasar Belantik. (ISTIMEWA).

Rabu, 08 Mei 2019 14:47 WIB
Sahril Ramadana
SIAK, POTRETNEWS.com  - Dua hari menjalani ibadah puasa, terjadi kenaikkan komoditas bahan pokok di Pasar Belantik Raya, Kabupaten Siak, Riau. Diantaranya seperti bawang putih yang dibandrol Rp55 ribu sampai Rp60 ribu per-kilogramnya. Sebelumnya harga bawang putih di pasar raya itu Rp 40-45 ribu per-kilogramnya.

Ini diketahui saat Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) Kabupaten Siak melakukan pengecekan harga di pasar Belantik Raya Siak, Rabu (8/5/2018). "Tujuan pengecekan ini untuk memantau perkembangan harga bahan pokok di awal Ramadan," kata Kepala Disperindag, Wan Ibrahim.

Selain bawang putih, kata Wan, beberapa komoditi cenderung mengalami fluktuasi naik turun harga, seperti harga daging sapi murni.

Sebelumnya harga daging sapi murni di pasar ini naik menjadi Rp150 ribu dari Rp120 ribu per kilogramnya. Namun saat ini harga daging sapi turun kembali di kisaran Rp120-130 ribu per kilogramnya. "Bukan hanya daging sapi murni, harga bawang merah dan cabe merah juga berfluktuasi," kata Wan.

Menurut Wan, adanya kenaikan harga di pasar Belantik Siak diperkirakan karena minimnya stok dari distributor, ditambah meningkatnya permintaan pada bulan Ramadan. Selain memantau perkembangan harga komoditi, saat pengecekan Disperindag juga mendapati pedagang yang masih menggunakan 6 unit timbangan yang tidak standar. ***

Kategori : Riau, Siak, Umum
wwwwww