PotretNews.com Minggu 18 Agustus 2019

Pemkot Pekanbaru Berkinerja Terbaik, Wali Kota Firdaus Dapat Satyalencana Karya Bhakti Praja Nugraha

Sabtu, 27 April 2019 10:32 WIB
Muhamad Maulana
pemkot-pekanbaru-berkinerja-terbaik-wali-kota-firdaus-dapat-satyalencana-karya-bhakti-praja-nugrahaMendagri Tjahjo Kumolo (kiri) menyerahkan piagam Satyalencana Karya Bhakti Praja Nugraha kepada Wali Kota Pekanbaru Firdaus.
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Pekanbaru meraih penghargaan sebagai kota berkinerja terbaik dari Kementerian Dalam Negeri.Penghargaan Satyalencana Karya Bhakti Praja Nugraha itu diserahkan langsung Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo atas nama Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada Wali Kota Pekanbaru, Firdaus, di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Jumat (26/4/2019).

Penghargaan ini diberikan kepada daerah terbaik dalam Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (EKPPD) terhadap Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) tahun 2017.

Apresiasi tersebut diberikan dalam rangka Peringatan Hari Otonomi Daeara (Otda) ke-23 tahun 2019. Penghargaan ini diberikan dalam bentuk piagam dan trofi kepada 3 gubernur, 10 wali kota dan 10 bupati, salah satunya Wali Kota Pekanbaru.

”Saya atas nama Pemerintah Kota Pekanbaru berterima kasih kepada Pak Menteri yang telah memberikan penilaian kinerja Pemerintah Kota pekanbaru. Terima kasih juga kepada semua jajaran pemerintah dalam hal ini; sekda, OPD-OPD, camat, lurah, RT/RW, dan juga seluruh masyarakat Kota Pekanbaru,” kata Firdaus.

Dikemukakan lebih jauh oleh Firdaus, tata kelola pemerintah yang baik, tentunya mencerminkan kerja sama yang baik antara pemerintah, eksekutif, legislatif serta forkopimda. Karena telah bersinergi dalam membimbing pelaksanaan pekerjaan-pekerjaan pembangunan terutama lelang dalam pengawasan pembangunan yang pemerintah lakukan.

”Terima kasih kepada semua yang telah bekerja sama di dalam membangun Pekanbaru khususnya eksekutif tentunya yang telah kita bersama bekerja keras, bekerja cerdas dan bekerja ikhlas. Sehingga tata kelola pemerintah kita laksanakan mendapat penilaian dengan prestasi terbaik,” tandas Wali Kota Firdaus.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/16052019/potretnewscom_9uegv_1579.jpg Wali Kota Pekanbaru, Firdaus, menerima Anugerah Satyalencana Karya Bhakti Praja Nugraha.

Sementara itu, Asisten I Bidang Pemerintahan Sekretariat Daerah Kota (Setdako) Pekanbaru Azwan, mengucapkan terima kasih kepada stakeholder dan OPD atas kerja kerasnya, sehingga Pemkot Pekanbaru mendapat penghargaan Satyalencana Karya Bhakti Praja Nugraha.

Azwan menjelaskan, apresiasi merupakan penghargaan tertinggi negara, terhadap kinerja otonomi daerah, dalam penyelenggaraan urusan pemerintahan daerah.

”Penghargaan Satyalencana Karya Bhakti Praja Nugraha yang diterima Pemkot Pekanbaru merupakan tanda keberhasilan daerah otonom, dan ini penghargaan tertinggi negara," ujar Azwan didampingi Kabag Humas Setdako Pekanbaru Mas Irba.

Dikatakannya, proses penilaian untuk mendapatkan satyalencana ini cukup panjang. Ada upaya sangat luar biasa dari semua pemangku kebijakan untuk mendapatkan ini. Tim penilai juga dibentuk langsung oleh presiden, dan keberhasilan ini merupakan penilaian tahun 2017, sedangkan penilaian tahun 2018 masih berjalan.

”Jika tiga tahun berturut-turut dapat penghargaan ini, kepala daerah yang memimpin daerah otonom, akan mendapatkan penghargaan tinggi yang diberikan oleh negara, disebut Parasamya Purnakarya Nugraha," demikian Azwan. ***

Ads
wwwwww