Home > Berita > Riau

6000 Panwaslu di Riau Nyatakan Siap Awasi Pemilu 2019

6000 Panwaslu di Riau Nyatakan Siap Awasi Pemilu 2019

Pelepasan balon sebagai simbol harapan agar Pemilu 2019 dapat berjalan aman, bersih, jujur, dan adil/ISTIMEWA.

Minggu, 07 April 2019 21:11 WIB
Sahril Ramadana
PEKANBARU, POTRETNEWS.com  - Sebanyak 6000 Pengawas Pemilu (Panwaslu) di Riau nyatakan kesiagaan dan kesiapan mengawasi Pemilu 2019. Jumlah itu mewakili 21.691 orang Panwaslu se-Riau. Hal itu dinyatakan saat apel Kesiagaan dan Kesiapan Pengawas Pemilu se-Provinsi Riau, Ahad (7/4/2019) di Jalan Cut Nyak Dien, Pekanbaru.

Selain pengawas pemilu se-Riau, apel ini juga dihadiri oleh Wakapolda Riau, Ketua DPRD Riau, Kepala Kejaksaan Tinggi Riau, Perwakilan Gubernur Riau, insan pers serta LO partai peserta Pemilu.

Usai apel, dilakukan pembacaan ikrar Pengawas Pemilu untuk menjaga pemilu bersih yang di pimpin oleh Anggota Bawaslu Provinsi Riau, Gema Wahyu Adinata.

"Kami pengawas Pemilu siap menjalankan tugas mengawasi tahapan kampanye, masa tenang, pemungutan dan perhitungan suara Pemilu Tahun 2019 se baik-baiknya. Kami pengawas pemilu akan menjalankan tugas dengan berpedoman kepada undang-undang dan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Kami pengawas Pemilu akan menjaga Netralitas sebagai Pengawas Pemilu," ujar Gema dan diikuti seluruh peserta apel.

Selanjutnya, dilakukan penandatanganan pernyataan oleh para komisioner Bawaslu Provinsi Riau dan disaksikan oleh seluruh perwakilan Forkompimda Riau dan peserta.

Ketua Bawaslu Riau, Rusidi Rusdan mengatakan apel dan pernyataan itu dilakukan agar tidak ada kasus atau permasalahan yang mencuat di kancah nasional.

"Setiap pengawas harus mengutamakan pencegahan, jangan sampai ada permasalahan yang mencuat ke tingkat nasional," kata Rusidi.

"Dengan mengucapkan Basmalah, kita berharap agar Pemilu di Provinsi Riau mendapatkan Ridho Allah, Tuhan Yang Maha Esa," ujar Rusidi sebelum melakukan pelepasan balon simbol harapan agar Pemilu Tahun 2019 dapat berjalan aman, bersih, jujur, dan adil. ***

Kategori : Riau, Pekanbaru, Politik
wwwwww