Home > Berita > Inhu

20 Jam Hilang di Taman Nasional Bukit Tigapuluh, 12 Siswa SMK Kehutanan Pekanbaru Ditemukan Selamat

20 Jam Hilang di Taman Nasional Bukit Tigapuluh, 12 Siswa SMK Kehutanan Pekanbaru Ditemukan Selamat

Siswa SMK Kehutanan Pekanbaru sesaat setelah ditemukan oleh tim gabungan.

Rabu, 03 April 2019 19:33 WIB
RENGAT, POTRETNEWS.com - Setelah hampir 20 jam tersesat dan hilang kontak, tim gabungan yang berasal dari Basarnas Pekanbaru, BPBD, polisi, dan masyarakat berhasil menemukan 12 siswa SMK Kehutanan Pekanbaru dan pendampingnya yang hilang sejak Selasa (2/4/2019) pukul 09.00 WIB, di Taman Nasional Bukit Tigapuluh (TNBT) Riau dan Jambi. Keduabelas pelajar yang terdiri 10 siswa dan 2 siswi dengan pendamping seorang polisi hutan melaksanakan simulasi praktik lapangan industri dengan patroli perlindungan dan pengamanan hutan di kawasan TNBT Kabupaten Indragiri Hulu, Riau.

Adapun, luas keseluruhan TNBT yang juga merupakan rumah bagi suku anak dalam atau orang rimba mencakup dua provinsi yaitu Riau dan Jambi.

"Semua korban hilang ditemukan dalam keadaan selamat dan sedang kita evakuasi ke basecamp granit yang jaraknya delapan kilometer dari lokasi penemuan. Terdapat dua orang yang luka ringan dan perlu ditangani oleh medis Basarnas," kata Kepala Basarnas Pekanbaru Gede Darmada di Pekanbaru, Rabu (3/4/2019).

Dalam operasi pencarian, tim gabungan telah bergerak sejak Selasa (2/4/2019) malam. Medan lapangan yang merupakan hutan alami dengan tebing cukup terjal menjadi tantangan tersendiri. Tim membagi kelompok dan melakukan penyisiran sesuai dengan rute yang diperkirakan sebagai lokasi para korban menghilang.

"Mereka kesasar karena tidak mengikuti rute lintasan yang sebenarnya," ungkap Humas Basarnas Pekanbaru Kukuh Widodo.

Saat ditemukan, 12 siswa SMK Kehutanan Pekanbaru itu dalam kondisi lemas akibat kelelahan berjalan. Namun pada umumnya, keadaan mereka dinyatakan sehat meski ada yang mengalami luka ringan. Rombongan pelajar SMK Kehutanan itu diduga kehilangan arah navigasi sehingga tersesat akibat melenceng dari jalur rute yang seharusnya diikuti.

Adapun identitas 12 pelajar SMK Kehutanan yang ditemukan itu terdiri dari 10 siswa yaitu Aditya Putra Mahendra, Imam Akhsandi Winata, Kahlil Gibran, Lutfi Arafi Salibi, Oziq Fitramadani, Prasetio, Rahmat Aldi Pratama, Raihanis Maiyagi, Tengku Said Aditia, Azathul Wafi, dua siswi yakni Anjali Hafiza R, dan Fatiyah Vaki Salsabila. Sedangkan Irhasy R Siregar merupakan polisi hutan yang menjadi pendamping rombongan para tersebut. ***

Artikel ini telah tayang di mediaindonesia.com dengan judul "Hilang di TN Bukit Tigapuluh, 12 Siswa Ditemukan Selamat"

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Inhu, Pekanbaru, Peristiwa
wwwwww