Pekanbaru Sukses Jadi Tuan Rumah Peringatan HUT Damkar, Pol PP, dan Linmas Tingkat Nasional, Wali Kota: Terima Kasih!

Rabu, 06 Maret 2019 22:25 WIB
Advertorial
pekanbaru-sukses-jadi-tuan-rumah-peringatan-hut-damkar-pol-pp-dan-linmas-tingkat-nasional-wali-kotaMendagri Tjahjo Kumolo menjadi Irup Peringatan HUT Damkar, Satpol PP, dan Satlinmas Tingkat Nasional di Pekanbaru, Rabu (6/3/2019).
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Puncak Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-100 Pemadam Kebakaran (Damkar) tingkat nasional dipusatkan di Pekanbaru, Riau, pada Rabu (6/3/2019) pagi. Peringatan seabad Damkar dirangkai dengan HUT ke-69 Pol PP dan HUT ke-57 Linmas. Stadion Kaharuddin Nasution Rumbai menjadi saksi bisu sukses dan meriahnya hajatan yang dihadiri kepala daerah atau pejabat mewakili provinsi serta kabupaten dan kota se-Indonesia, itu.

Dengan Inspektur Upacara Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI, Tjahjo Kumolo, pelaksanaan Apel HUT Damkar, Pol PP, dan Linmas, berjalan khidmat. Dalam arahannya, Mendagri Tjahjo Kumolo menekankan kepada Damkar, Pol PP, dan Linmas agar memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan baik.

”Damkar, Satpol PP, dan Satlinmas bisa terjun ke lapangan semaksimal mungkin memberikan pelayanan kepada masyarakat," kata Mendagri.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/10032019/potretnewscom_5jhdl_1494.jpg Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo selaku Inspektur Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-100 Pemadam Kebakaran, HUT ke-69 Pol PP, dan HUT ke-57 Linmas tingkat nasional tahun 2019, ketika menerima laporan perwira upacara yakni Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru Mohd Noer, di Stadion Kaharuddin Nasution Rumbai Pekanbaru, Rabu (6/3/2019) pagi. Terlihat di samping kiri menteri, Gubernur Riau Syamsuar.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/10032019/potretnewscom_jpv6q_1495.jpgKetua DPRD Provinsi Riau Septina Primawati dan Wali Kota Pekanbaru Firdaus berada di barisan utama pada Peringatan Puncak Acara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-100 Pemadam Kebakaran, HUT ke-69 Pol PP, dan HUT ke-57 Linmas tingkat nasional tahun 2019, di Stadion Kaharuddin Nasution Rumbai Pekanbaru, Rabu (6/3/2019) pagi. 

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/10032019/potretnewscom_dcdjv_1496.jpgMenteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo memeriksa kesiapan barisan peserta Peringatan Puncak Acara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-100 Pemadam Kebakaran, HUT ke-69 Pol PP, dan HUT ke-57 Linmas tingkat nasional tahun 2019, di Stadion Kaharuddin Nasution Rumbai Pekanbaru, Rabu (6/3/2019) pagi. 

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/10032019/potretnewscom_qnfrg_1497.jpgDi sela-sela acara, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menyerahkan penghargaan kepada Wali Kota Pekanbaru.

Kemudian, dalam rangka pemilihan umum (pemilu), Tjahjo mengingatkan Damkar, Pol PP dan Linmas yang berada di bawah kendali Kemendagri harus ikut andil menyukseskan pemilu dengan menjalin koordinasi bersama pihak kepolisian.

”Ketiga institusi harus meningkatkan koordinasinya untuk menjaga tempat-tempat pemungutan suara (TPS) dan tempat yang vital seperti Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat," tandas menteri.

Lebih jauh, Mendagri mengatakan fungsi melayani masyarakat tidak hanya pada perizinan dan regulasi saja, karena fungsi Damkar, Pol PP, dan Linmas, tetap dibutuhkan. ”Saya kira itu intinya, agar ke depan pelayanan kepada masyarakat tidak hanya semata-mata perizinan saja dan aspek-aspek regulasi," sebutnya.

Disemarakkan Berbagai Atraksi
Peringatan HUT Seabad Damkar, ke-69 Pol PP, dan ke-57 Linmas tingkat nasional tahun 2019 di Stadion Kaharuddin Nasution Rumbai, Rabu (6/3/2019) pagi disemarakkan dengan berbagai atraksi atraksi bela diri, yong moo do (gabungan dari beladiri judo, taekwondo, apkido, ssirum, dan hon sin sul) , jujitsu (nama dari beberapa macam aliran beladiri dari Jepan), kempo dan tinju yang ditampilkan personel Satpol PP Pekanbaru.

Tak hanya itu, atraksi yang paling memukau yang ditampilkan personel Satpol PP yakni memecahkan material seperti genteng, batako hingga membengkokkan kawat besi dengan leher dan mematahkan kawat baja menggunakan jari kelingking.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/10032019/potretnewscom_gvupg_1498.jpgMenteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo foto bersama kepala daerah/kepala instansi penerima penghargaan.

Berbagai atraksi personel Satpol PP Pekanbaru mendapat apresiasi salah satunya dari Kepala Satpol PP Kabupaten Mamuju Adnan Rasyid. Dia menyatakan kegiatan tingkat nasional ini cukup meriah.

Wali Kota Pekanbaru, Firdaus, tampak semringah menikmati pelbagai acara yang disuguhkan dalam Peringatan HUT Damkar, Satpol PP, dan Linmas. Dia mengucapkan selamat kepada ketiga instansi disertai harapan agar ke depan, pelayanan di masing-masing institusi semakin meningkat seiring bertambahnya usia.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/10032019/potretnewscom_r5x2g_1499.jpgPemimpin Upacara, Burhan Gurning (Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Pekanbaru) memimpin penghormatan kepada inspektur upacara.

”Selamat ulang tahun ke 100 kepada Damkar, ke-49 Satpol PP, dan ke-57 buat Linmas. Semoga ke depan pelayanannya kepada masyarakat semakin baik. Dan, alhamdulillah karena semua berjalan dengan baik. Semua perangkat yang terlibat sudah bekerja keras untuk menyiapkan peringatan ini. Untuk itu kita ucapkan terima kasih!” ujar Firdaus.

Event tingkat nasional yang menghadirkan ribuan orang ke Pekanbaru, diharapkan bisa berdampak positif bagi perkembangan perekonomian di Pekanbaru. ”Ada sekira 6000 pengunjung yang hadir ke Pekanbaru dari seluruh Indonesia untuk mengikuti event nasional di Pekanbaru. Hotel-hotel akan terisi dan juga pusat kuliner akan ramai didatangi,” ungkap Sekda Kota Pekanbaru, M Noer.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/10032019/potretnewscom_qj6j4_1500.jpgSalah satu atraksi yang ditampilkan personel Satpol PP Kota Pekanbaru pada Peringatan Puncak Acara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-100 Pemadam Kebakaran, HUT ke-69 Pol PP, dan HUT ke-57 Linmas tingkat nasional tahun 2019, di Stadion Kaharuddin Nasution Rumbai Pekanbaru, Rabu (6/3/2019) pagi. 

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Pekanbaryu, Burhan Gurning mengatakan, tidak mudah bagi Kota Pekanbaru untuk bisa terplih sebagai tuan rumah penyelenggaran event tingkat nasional seperti HUT Damkar.

”Kita sudah sampaikan permohonan menjadi tuan rumah sejak awal tahun lalu pasca-Peringatan HUT Damkar di Ambon," sebut Gurning yang beberapa kali mendatangi Kemendagri terkait kesiapan Kota Pekanbaru sebagai tuan rumah.

Bertindak sebagai pemimpin upacara ialah Kadis Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Pekanbaru Burhan Gurning. Sementara pemimpin upacara yakni Mohd Noer, Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru.

Peringatan Puncak Acara HUT ke-100 Damkar, ke-69 Pol PP, dan ke-57 Linmas turut dihadiri Gubernur Riau Syamsuar, Wakil Gubernur Riau Edy Afrizal Natar Nasution, Forkopimda Provinsi Riau, Wakil Wali Kota Pekanbaru Ayat Cahyadi, Forkopimda Kota Pekanbaru, pejabat di lingkungan Pemprov Riau dan Pemkot Pekanbaru, Kepala Damkar dan Satpol PP se-Indonesia, serta undangan lain. (adv/humas pemkot pekanbaru)

Narasi:
Muhamad Maulana/Redaksi potretnews.com

Foto-foto:
Istimewa


wwwwww