Atasi Kebakaran Lahan di Riau Jadi Tugas Pertama Gubernur Syamsuar

Atasi Kebakaran Lahan di Riau Jadi Tugas Pertama Gubernur Syamsuar

Syamsuar-Edy Nasution menyapa undangan yang hadir di Istana Negara, Rabu (20/2/2019).

Rabu, 20 Februari 2019 12:49 WIB
JAKARTA, POTRETNEWS.com - Presiden Joko Widodo meminta Gubernur dan Wakil Gubernur Riau Syamsuar-Edy Natar Nasution fokus mengatasi kebakaran hutan dan lahan di daerahnya. Pesan itu disampaikan Jokowi usai melantik Syamsuar-Edy di Istana Negara, Jakarta, Rabu (20/2/2019).

"Tentunya ada pesan dari presiden karena Bapak Presiden punya perhatian sangat besar terhadap Karhutla," kata Syamsuar kepada wartawan usai pelantikan.

Syamsuar memastikan ia siap menjalankan pesan dari Jokowi itu. Menurut dia, saat ini memang ada beberapa titik api di wilayah Riau. Untuk itu, ia akan segera menetapkan status siaga darurat.

"Karena dengan adanya itu (status siaga darurat), kita bisa memanfaatkan anggaran sekaligus juga bertindak cepat antisipasi kebakaran hutan," kata Syamsuar.

Syamsuar menambahkan, ia juga akan segera melakukan sosialisasi kepada seluruh masyarakat Riau untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan, mengingat saat ini sudah terjadi musim kemarau di beberapa daerah.

”Kami akan turun ke semua kabupaten dan kota bersama Forkopimda dan BPDP, agar masyarakat kita lebih dini tahu pentingnya menghadapi kekeringan, yang kita khawatirkan adalah kebakaran hutan dan lahan," ujarnya.

Syamsuar berharap, kebakaran hutan dan lahan pada musim kemarau ini tak sampai menimbulkan bencana kabut asap yang bisa mengganggu aktivitas dan perekonomian warga.

Ia juga menegaskan, posisi geografis Riau yang berdekatan dengan Singapura dan Malaysia membuat pencegahan dan penanganan kebakaran hutan ini sangat dibutuhkan.

Dia berharap tak ada lagi protes yang datang dari negara tetangga tekait kabut asap yang disebabkan karena kebakaran hutan di Riau.

”Kita ingin menjaga marwah negeri ini agar di masa mendatang tidak ada lagi karhutla," demikian Syamsuar. ***

Artikel ini telah tayang di kompas.com dengan judul "Jokowi Minta Gubernur Riau Fokus Atasi Kebakaran Hutan"

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Pemerintahan, Umum, Riau
wwwwww